Korlap Birma Peduli: Perilaku Hidup Bersih Efektif Menangkal Sebaran Virus Corona
Korlap Birma Peduli imbau warga Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menangkal penyebaran Virus Corona di wilayah masing-masing.

MAKASSAR – Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Birma Peduli, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Moh. Ervin Laha, S.Sos, MM, mengimbau warga untuk senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menangkal penyebaran Virus Corona di wilayah masing-masing.

Hal itu diungkapkan Ervin saat melakukan penyemprotan disinfektan rumah-rumah warga di perumahan Hunian Bintang, RT.06/RW.03, kelurahan Biring Romang, Jumat (27/3) Sore, sebagai upayanya membantu warga menangkal penyebaran virus corona di wilayah tersebut.

“Penyemprotan disinfectan ini dilakukan hanya untuk membunuh jika ada virus yang ada di luar tubuh manusia, namun untuk menjaga diri masing-masing saya himbau warga untuk senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat. Serta tetap berada dalam rumah dan menghindarkan untuk kontak langsung dengan orang lain,” terang Ervin.

Ervin menjelaskan, berdasarkan sejumlah studi yang dia ketahui, ada sejumlah hal yang harus dilakukan setiap warga untuk turut menjaga penyebaran Covid 19 ini diantaranya, tutup mulut saat bersin atau batuk, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir secara rutin, dan makan makanan bersgizi serta istirahat yang cukup.

“Kita harus optimis, bahwa tubuh kita mampu melawan virus corona ini. Namun optimisme itu harus diimbangi dengan meningkatkan tingkat imunitas tubuh melalui pelaksanaan PHBS, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi,” imbuh Ervin yang juga ketua ORW. 05 kelurahan Biring Romang itu.

Sementara itu terkait cairan disinfektan yang digunakan dalam penyemprotan tersebut, Ketua LPM Kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo yang turut mendampingi kegiatan penyemprotan, mengaku pihaknya menggunakan cairan Disinfektan dan antiseptik yang biasa digunakan sebagai pembersih kandang ayam yang dicampur dengan air bersih.

“Untuk penyemprotan ini, kami menggunakan cairan disinfektan yang biasa digunakan sebagai pembersih kandang ayam, yang dicampur dengan air bersih dangan perbandingan 5 ml cairan disinfektan untuk 1 Liter air,” ungkap Ambang.

Menurut Kepala Seksi Pemerintahan dan Pembinaan RT/RW, kelurahan Biring Romang, Andi Muh. Yahya, SE, penyemprotan disinfektan di wilayah kelurahan Biring Romang, akan terus dilakukan terutama untuk rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya, khusus untuk rumah penduduk baru dilakukan jika ada permintaan dari warga.

“Sesuai program Birma Peduli, penyemprotan akan terus kita lakukan khususnya di tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya, khusus untuk penyemprotan rumah-rumah penduduk, baru kita lakukan jika ada permintaan warga atau pemilik rumah sendiri. Jadi kalo ada warga yang mau disemprot rumahnya, silahkan melapor melalui ketua RT setempat,” terang Yahya.

Lebih lanjut Yahya menjelaskan, bahwa penyemprotan rumah penduduk harus berdasarkan permintaan sendiri, karena mengindarkan ketersinggungan warga itu sendiri, dan harus melalui ketua RT setempat, agar semua kegiatan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya.

Selain Ketua LPM, Kasi Pemerintahan, dan korlap kegiatan, nampak turut hadir dalam penyemprotan tersebut antara lain, Ketua ORW. 03, Herman, Plt. Ketua TP PKK Kelurahan, St Muliati beserta sekretaris Rita Surya Sari, Ketua Permata, Ela Rahayu, ketua ORT. 6 / ORW. 03, Muh. Saleh dan sejumlah anggota Birma Peduli lainnya. (4ld)

Korlap Birma Peduli: Perilaku Hidup Bersih Efektif Menangkal Sebaran Virus Corona
Korlap Birma Peduli imbau warga Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menangkal penyebaran Virus Corona di wilayah masing-masing.