Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Praktek Magang Jadi Wartawan Media Cetak dan Online
Mahasiswa Unismuh Makassar mengikuti Program Magang Belajar Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) selama tiga bulan mulai Oktober 2000 dan ditarik masuk kampus Januari 2021. Mahasiswa semester V dan VII dimagangkan lewat kuliah kerja praktek jadi wartawan media cetak dan wartawan media online di koran dan portal Berita Kota Makassar

MAKASSAR—Mendekatkan mahasiswa ilmu komunikasi Unismuh Makassar dengan pasar kerja, maka mahasiswa semester V dan VII dimagangkan lewat kuliah kerja praktek jadi wartawan media cetak dan wartawan media online di koran dan portal Berita Kota Makassar

Para mahasiswa ini ikut Program Magang Belajar Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) selama tiga bulan mulai Oktober 2000 dan ditarik masuk kampus Januari 2021.

Sedangkan kuliah Magang Intrenship, mulai 15 Januari 2021 sampai dengan akhir Pebruari 2021.

Penarikan mahasiswa program MBKM secara resmi masuk kampus, Jumat 15 Januari 2021, di ruang Redaksi Harian Berita Kota Makassar

Hadir pada acara penarikan dan pemagangan mahasiswa ini, Ketua Tim MBKM, Dr. Muhammad Yahya Mustafa, M.Si, anggota Tim MBKM, Warda, S.Sos, MA, Staf Humas Unismuh Makassar, Ir. Nasrullah Rahim.

Pimpinan Redaksi Berita Kota Makassar Andi Rustan S.S pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih, kehadiran mahasiswa magang sangat terbantu dengan jadi adanya wartawan magang turun ke lapangan.

Andi Rustan, mendukung kebijakan Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh mendekatkan mahasiswa pada industri media, karena akan memberi pengetahuan dan keterampilan jurnalistik dan pengetahuan manajemen dan bisnis media massa.

Peserta magang yang ditarik masuk kampus tetap diberi ruang dan kesempatan mengirim rilis dan citizen reporter ke redaksi, katanya.

Empat mahasiswa yang selesai magang MBKM yakni, Al Hidayah, Zizan , Yusril Sudirman dan Sri Ratu Ningsih dan Yusril Sudirman.

Ketua Tim MBKM, Dr. Muhammad Yahya Mustafa, M.Si, pada kesempatan itu mengatakan, kebijakan prodi Ilmu Komunikasi ke depan akan lebih banyak mendekatkan mahasiswa dengan industri komunikasi dan media massa.

Praktek magang pada industri komunikasi salah satu strategi membuka wawasan dan pemikiran mahasiswa komunikasi peluang dan prospek kerja setelah merampungkan studi di kampus.

Mahasiswa yang dimagangkan pada mata kuliah intrenship yakni: Hendra, Nurfadillah,Poppy Dayana, Dinda Novia, Fahrizal.

Selama magang di Berita Kota mengajarkan tidak ada kemenangan tanpa perjuangan dan penerapan komunikasi persuasif melaksanakan tugas sangat penting dan harus siap di tempatkan di mana saja, kata Yusril Sudirman yang usai magang.

Kesan dari mahasiswa magang intrenship, Nurfadillah berharap semoga media Berita Kota bisa membantu membuka wawasan menjadi seorang jurnalis yang baik, karena harapan saya kedepan dapat jadi seorang jurnalis, katanya. (*)