Beranda ยป Media Kampus ยป Masa Depan BPJS Kesehatan di Tahun Politik Dibahas Dalam Seminar Nasional Departemen AKK FKM Unhas
Masa Depan BPJS Kesehatan di Tahun Politik Dibahas Dalam Seminar Nasional Departemen AKK  FKM Unhas
Media Kampus

Masa Depan BPJS Kesehatan di Tahun Politik Dibahas Dalam Seminar Nasional Departemen AKK FKM Unhas

MAKASSAR, Masa depan BPJS Kesehatan di tahun Politik dibahas dalam seminar Nasional yang dihelat Departemen Administrasi dan Kebijakan (AKK) Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, di Auditorium Prof Amiruddin FK Unhas Sabtu (3/11).

Kegiatan yang diikuti 902 orang peserta tersebut, turut juga dihadiri Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM.,M.Med.,Ed, Ketua Departemen AKK, FKM Unhas, Dr. H. Muh. Alwy, M.Kes, guru besar AKK FKM Unhas, Prof. Dr. Amran Razak, SE, MSc, Prof. Dr. Indar, SH, MPH, Prof. Sukri Palutturi, PhD serta beberapa staf dosen AKK dan dosen dari departemen lainnya.

Ketua Departemen AKK FKM Unhas, Dr. H. Muh. Alwy, M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa seminar yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Dies Natalis FKM Unhas, dilatarbelakangi keberadaan AKK yang memiliki banyak sumber daya dengan kepakaran berbeda misalnya politik kesehatan, hukum kesehatan, asuransi kesehatan dan ekonomi kesehatan yang sesungguhnya dapat bersinergi dengan BPJS, DPR/DPRD dan pemerintah keseluruhan.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. menyampaikan, bahwa jaminan kesehatan merupakan amanah undang-undang, karena itu negara wajib melindungi dan menjamin warganya dalam hal akses, kualitas dan kesulitan pembiayaan, meski demikian dengan defisitnya BPJS kesehatan maka paradigma kesehatan harus benar-benar berubah menjadi paradigma sehat.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. Drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes., dalam sambutannya saat membuka seminar mengatakan, bahwa kegiatan ilmiah dan penalaran seperti yang di selenggarakan AKK tersebut sangat perlu untuk ditingkatkan terus, bahkan menurutnya Jaminan kesehatan juga bisa mengcover semua mahasiswa Unhas.

Adapun sejumlah pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, keynote speaker, Gubernur Sulsel, diwakili Kadis Kesehatan, DR. dr. MH.M.Basir, pembicara lainnya masing-masing, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, H. Syamsul Bachri MSc, Kadis Kesehatan kota Makassar, dr. Hj. A. Naisyah T Asikin, M.Kes, Staf Direksi BPJS Kesehatan, Nasihin Masha, serta Guru Besar FKM Unhas, Prof. Dr. H. Amran Razak MSc dengan penanggap utama Prof. Dr. H. Indar SH., MPH dan dipandu moderator Dr. Darmawansyah SE.,M.Sc,. (*/464ys)