Kipin ATM bisa melayani 200 tablet digital untuk siswa tanpa memerlukan internet.

JAKARTA – Bagaimana digitalisasi sekolah daerah 3T bila internet saja masih belum tersedia? Atau bila tersedia, masih sangat lambat dan terputus-putus karena harus dibagi ke ratusan murid, ini bukan menjadi fasilitas bahkan menjadi masalah!

Solusinya Kipin ATM, mesin kios pendidikan yang bisa dipasang dalam waktu 3 menit dan siap melayani ratusan digital tablet, handphone dan notebook/PC untuk menggunduh semua konten digital dengan kecepatan kilat dan TIDAK MEMERLUKAN INTERNET (Teknologi ini dikenal dengan Kipin EduSPOT).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program ‘Digitalisasi Sekolah’ di salah satu pulau terluar Indonesia, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, 18 September 2019 lalu.

Peluncuran program ini bertujuan dalam rangka pengembangan digitalisasi sekolah khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) yang ditandai dengan pemberian sarana dan prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berupa gawai atau tablet digital kepada sekolah dan siswa.

Pelaksanaan program ‘Digitalisasi Sekolah’ merupakan bentuk inovasi pembelajaran berbasis digital yang dimulai dengan mempersiapkan konten berupa platform digital dimana seluruh materi pelajaran sekolah (bahan ajar) dimasukkan ke dalam jaringan untuk dapat digunakan bersama, baik oleh guru, siswa dan sekolah.

Pendidikan.id memperkenalkan sebuah platform digital buatan karya anak bangsa yang dinamakan ‘KIPIN (Kios Pintar) ATM’ yang memiliki konsep ‘Digital Library’ berbentuk seperti mesin ATM dimana semua materi pelajaran sekolah yang dibutuhkan siswa sudah ada didalam KIPIN ATM dan tersedia untuk tingkat Prasekolah, SD, SMP, SMA & SMK, seperti, Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemendikbud), Video Pendidikan, Latihan Tryout, Bacaan Literasi.

KIPIN ATM ini sangat cocok dan relevan dengan pernyataan Mendikbud, Muhadjir Effendy yang mengatakan bahwa para siswa harus memiliki karakter kemandirian, salah satunya dengan mengubah pola pembelajaran dari ‘teacher centered’ menjadi ‘student centered’.

Dengan KIPIN ATM, para siswa dapat mencari sumber belajarnya sendiri karena di KIPIN ATM sudah tersedia materi pelajaran sekolah lengkap (data akan diupdate setiap bulan) dimana siswa dapat menentukan pilihannya, apakah ingin belajar melalui buku, video, latihan soal atau menggunakan bacaan literasi.

Ribuan data yang ada di dalam KIPIN ATM ini dapat di download GRATIS tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet dikarenakan sudah dilengkapi dengan 2 (dua) teknologi yang dinamakan ‘eduSPOT’ dan ‘Download & Go’.

Apa itu ‘eduSPOT’ dan apa kelebihannya ?

Di dalam KIPIN ATM ini sudah dilengkapi dengan jaringan WIFI yang dinamakan ‘eduSPOT’ dimana ribuan data (materi pelajaran sekolah:buku, video, latihan tryout & bacaan literasi) yang ada di dalam KIPIN ATM bisa diunduh ke gawai pengguna tanpa membutuhkan jalur internet, pulsa ataupun kuota internet (GRATIS 100%)

Lalu, apa kelebihan ‘Download & Go’?

Setiap data (materi pelajaran sekolah) yang sudah terdownload maka data tersebut sudah dapat digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa membutuhkan jalur internet lagi.

Selain itu, KIPIN ATM juga sangat cocok dipakai untuk semua daerah di Indonesia khususnya daerah 3T karena sangat flexible, tidak membutuhkan area yang besar, tidak perlu maintenance, tidak membutuhkan operator dan hanya membutuhkan jalur listrik saja.

KIPIN ATM dan program ‘Digitalisasi Sekolah’, ini merupakan bundle yang sangat cocok, salah satunya karena di daerah 3T kebanyakan belum tersedia internet.

Kalaupun terdapat akses internet, pastinya akan sangat lambat dan terputus-putus. Oleh karena itu, ‘eduSPOT’ menjadi layanan dan solusi yang paling tepat.

Dengan hadirnya ‘KIPIN ATM’ diharapkan dapat menjadi partner yang cocok untuk program ‘Digitalisasi Sekolah’ sehingga dapat memanfaatkan perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mempermudah proses belajar mengajar yang menjadi implementasi dari new learning untuk menghadapi revolusi industri 4.0. (*)