TEKNO – Semakin hari jumlah pasien positif Covid-19 atau Corona kian bertambah dan menjadi momok di seluruh dunia karena cepatnya tingkat penyebaran dan belum ditemukannya vaksin.

Beberapa provinsi di Indonesia merespon dengan meliburkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, termasuk kegiatan untuk anak-anak prasekolah.

Lalu bagaimana solusinya? Pembelajaran digital menjadi alternatif utama saat ini. Banyak portal dan aplikasi yang menawarkan pembelajaran gratis untuk membantu siswa SD,SMP & SMA, namun ternyata jarang yang memperhatikan solusi untuk anak-anak prasekolah seperti TK, PAUD, Playgroup, dll

Padahal, ada lebih dari 9 juta anak prasekolah yang tersebar di seluruh pulau jawa yang memberlakukan pembelajaran di rumah, membutuhkan bahan bacaan dan tontonan yang menghibur, sehat dan bisa dimanfaatkan sebagai pembelajaran yang sehat.

Akibatnya? Orang tua mencari sendiri sumber pembelajaran untuk anaknya yang masih kecil, dan sebagian besar mencari dari youtube sebab gratis & banyak, yang mana kontennya tidak tersaring rapi agar aman di konsumsi oleh anak-anak pra-sekolah.

Salah satu alternatif adalah memanfaatkan aplikasi buatan Indonesia yang berdedikasi untuk membantu konten pendidikan untuk anak-anak prasekolah adalah KIPIN SCHOOL

Salah satu menu di Aplikasi Kipin School didedikasikan khusus untuk memberikan sumber pembelajaran bagi anak-anak prasekolah dengan materi yang mendidik dan menarik. Terdapat lebih dari 100 buku & video yang dapat dimanfaatkan orang tua secara gratis selama masa libur belajar di sekolah saat ini.

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa didapatkan gratis melalui smartphone, tablet maupun personal komputer, support untuk platform yang popular : Android, iOS dan Windows 10. Untuk download aplikasi melalui KipinSchool.id

Buku belajar PAUD.

Dengan pemanfaatan teknologi seperti di atas maka adik-adik PAUD yang sementara harus belajar dari rumah, maka orang tua bisa menyediakan bahan hiburan dan pembelajaran yang bermanfaat tanpa harus mengeluarkan biaya sama-sekali.

Penghematan jutaan rupiah bagi orang tua sebab tak perlu membeli buku-buku dan video lagi , di Kipin School sudah tersedia tanpa harus keluar biaya.

Untuk ini diharapkan pemerintah dapat mensosialisasikan info ini ke instansi sekolah agar dapat dimanfaatkan dan proses pembelajaran anak-anak prasekolah selama terjadi krisis akibat virus corona ini dapat berlangsung dengan maksimal. (*)