Momen Hari Anak, LKMI Cabang Makassar Timur Vaksin 100 Anak di LPKA Kelas II Maros
Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Makassar Timur berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan serta Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros melakukan Vaksinasi Covid-19 pada 100 orang anak usia 12-17 tahun yang digelar di LPKA Kelas II Maros yang dilaksanakan pada Rabu 28 Juli 2021.

MAROS—Demi mewujudkan tema Hari Anak Nasional 2021: “Anak Terlindungi, Indonesia Maju!” serta mempercepat Vaksinasi di Indonesia, Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Makassar Timur berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan serta Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros melakukan Vaksinasi Covid-19 pada 100 orang anak usia 12-17 tahun yang digelar di LPKA Kelas II Maros yang dilaksanakan pada Rabu 28 Juli 2021.

Direktur Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Makassar Timur, Reski Ayu Anzar menuturkan, momen Hari Anak Nasional ini sangat penting dalam pemenuhan hak anak Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi.

Dikatakan, pemenuhan hak ini tentu tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tapi merupakan tanggungjawab bersama terlebih lagi bagi yang bergerak di kelembagaan kesehatan.

“Kami dari LKMI Cabang Makassar Timur sangat berterima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Sulsel dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros yang telah bersedia untuk berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan ini serta terus berupaya agar pemenuhan vaksin untuk Anak Indonesia segera terpenuhi dan tentu bisa didapatkan dengan mudah,” paparnya.

“karena sama-sama seperti yang kita pahami bahwa anak-anaklah kelak yang akan menentukan arah perjuangan serta kualitas dari Bangsa ini, makanya sangat perlu untuk melindungi dan memperhatikan mereka,” sambung Reski Ayu Anzar yang hadir didampingi oleh Team Parade Hari Anak LKMI.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, per tanggal 23 Juli 2021 anak-anak usia 12-17 tahun yang telah menerima dosis Vaksinasi pertama sebanyak 622.388 orang atau hanya 2,3% dari target, serta dilaporkan sejumlah hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi merupakan anak usia 0-18 tahun, dimana lebih dari 108 ribu kasus berada pada rentang usia 12-17 tahun.

Tercatat sejumlah lebih dari 600 anak usia 0-18 tahun meninggal, sejumlah 197 anak diantaranya berumur 12-17 tahun dengan angka Case Fatality Rate pada kelompok usia tersebut adalah 0,18%.

Setelah adanya rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan BPOM terkait vaksin covid terhadap anak, pemberian vaksin terhadap anak dan remaja usia 12–17 tahun sudah terlaksana sejak awal Juli 2021.

Saat ini Kemenkes menargetkan 28 juta anak Indonesia sebagai target dalam pemenuhan vaksinasi anak.

“Kami percaya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat segera melindungi anak-anak dari transmisi penularan di lingkungannya”

“Untuk itu, kami sangat berharap seluruh pihak dapat mendukung serta berkolaborasi untuk terus menyukseskan Vaksinasi di Indonesia serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan karena ketika hal tersebut telah kita maksimalkan insya Allah saya yakin kita dapat melalui Pandemi ini bersama,” ujar Direktur LKMI Cabang Makasssar Timur. (*)