Musrenbang kelurahan Borong dibuka Camat Manggala, Drs Anshar Umar MSi, di Aula kantor kelurahan Borong. (Foto: Ist)

MAKASSAR – Musyawarah Penrencanaan Pembangunan (Musrenbang) kelurahan Borong, yang dibuka Camat Manggala, Drs. Anshar Umar, M.Si, di aula kantor kelurahan Borong, Selasa (7/1/2020). Dihadiri 2 anggota DPRD yang merupakan warga kelurahan Borong yaitu, Anggota DPRD Sulsel Fraksi PKS, Haslinda Wahab, dan anggota Fraksi PPP DPRD Makassar, H. Azis Namu.

Musrenbang kelurahan Borong dihadiri 2 anggota DPRD Fraksi PKS, Haslinda Wahab, dan anggota Fraksi PPP DPRD Makassar, H. Azis Namu.

Kedua anggota legeislatif yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat tersebut, berdasarkan pengamatan Mediasulsel.com di lokasi musrenbang, nampak mampu memberikan motivasi bagi peserta musrenbang yang dihadir oleh sejumlah ketua RT/RW, tokoh, agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda kelurahan tersebut.

Haslinda Wahab saat diberikan kesempatan memberikan masukannya berharap agar dalam musrenbang tahun 2020 ini.

Peserta tidak hanya fokus mengusulkan rencana pembangunan fisik saja. Namun perlu juga diusulkan program-program non fisik, seperti pelatihan atau pembberdayaan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Azis Namu, selain usulan fisik dengan skala prioritas, peserta juga dihimbau untuk memanfaatkan program-program SKPD yang banyak memiliki program non fisik.

Selain itu. Azis juga meminta salinan hasil rumusan Musrenbang, agar dirinya bisa mengawal usulan tersebut di tingkat kota Makassar.

Sementara itu Camat Manggala, Drs. Anshar Umar, M.Si, dalam sambutannya saat membuka musrenbang mengatakan, agar warga dan peserta musrenbang tidak menjadikan Musrenbang sebagai arena perdebatan.

Namun lebih menjadikan Musrenbang sebagai sarana menjalin silaturhami antar sesama tokoh masyarakat.

“Saya berharap musrenbang yang merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksnakan setiap tahun ini, selain dimanfaatkan sebagai uapaya menghimpun usulan rencana pembangunan yang dirembukan oleh warga, juga dapat digunakan sebagai sarana silaturahmi antar sesame tokoh masyarakat,” tegas Anshar.

Musrenbang juga dihadiri sekitar 40 peserta dan dipimpin oleh lurah Borong, Abdul Gafur bersama ketua LPM Borong Dr. Thalib Mustafa tersebut.

Antara lain perwakilan Bapeda Kota Makassar, perwakilan Bagian Pemberdayaan Masyarakat kota Makassar, Sekretaris FKLPM Kecamatan Manggala, Ambang Ardi, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. (464ys)