CreaTalk digelar Senin, 10 Februari 2020 bertempat di PLUT O Creative Space dan kafe di Celebes Convention Center.

MAKASSAR – Naka Nusantara sebagai wadah berkreasi dan pengembangan bisnis anak muda menggandeng PLUT Sulsel dalam event santai bincang bisnis yang diberi tajuk creative talk atau “CreaTalk”.

Seri pertama CreaTalk digelar Senin, 10 Februari 2020 bertempat di PLUT O Creative Space dan kafe di Celebes Convention Center.

Kegiatan ini difasilitasi konsultan IT (Informaton Technology) PLUT Sulsel, Ahyar Muawwal yang membawakan materi seputar Business Model Canvas (BMC).

Kegiatan yang diikuti puluhan wirausaha muda ini dipandu oleh Griaz yang merupakan salah satu anggota tim Naka Nusantara.

Dalam paparannya, Ahyar mengatakan, BMC adalah pendekatan dan teknik untuk menjelaskan, menganalisa, dan mengembangkan business model suatu usaha agar usaha tersebut tumbuh berkembang dan langgeng secara financial.

“Banyak kegagalan usaha untuk tumbuh karena tidak punya model bisnis yang tepat,” tambahnya.
Setelah mendapatkan materi, peserta melakukan simulasi pengisian BMC baik secara manual maupun online.

Pengisian BMC berupa 9 komponen yang terdiri dari Customer Segment (Segmen Pelanggan), Value Propositions (Nilai Tawar/Unggulan, Channels (kanal/distribusi), Customer Relationships (Hubungan Pelanggan).

Revenue Streams (Alur pendapatan), Key Resources (Sumberdaya Utama), Key Activities (Kegiatan Utama), Key Partnerships (Rekanan Utama), Cost Structure (Struktur Biaya).

Fitriana Sari, dari dari Naka Nusantara mengatakan, Naka kedepannya menjadi creative hub yang berdiri atas semangat berkolaborasi untuk turut hadir dalam lokomotif ekonomi kreatif.

“Kehadiran kami tak lepas dari support Kadiskop UKM Sulsel dan Kepala UPT PLUT yang memberi kesempatan mengelola salah satu sudut ruangan CCC sebagai tempat kolaborasi sekaligus ngopi” urainya.

Ditambahkannya, kedepannya Naka akan bermitra dengan PLUT Sulsel untuk menghadirkan produk kreatif bermutu tinggi dan berkolaborasi dalam pendampingan dan penciptaan wirausa muda pemula. (*)