Peminat Maba Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar Melonjak, Capai 326 Persen
Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Dr Burhanuddin, S.Sos, M.Si

MAKASSAR – Penerimaan mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2020/2021 bagi Prodi S1 Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar mengalami lonjakan peningkatan peminat luar biasa.

Jika dibanding tahun sebelumnya 2019/2020, jumlah peminat maba sebanyak 19 orang dan tahun 2020/2021 untuk sementara telah mencapai 62 orang, jika diprosentasi kenaikan mencapai 326 persen.

Demikian dikemukakan, Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Dr. Burhanuddin, S.Sos, M.Si, kepada media di ruang kerjanya, Senin sore (21/9/2020).

Dijelaskan, lonjakan peminat itu tidak terlepas dari pencapain nilai B akreditasi prodi dari BAN-PT serta sosialisasi dan promosi yang dilaksanakan oleh pihak prodi, fakultas dan universitas.

“Selain itu prodi ilmu komunikasi ini di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta menjadi favorit dan jadi prodi unggulan,” kata Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini.

Kedepan Ilmu Komunikasi Unismuh Makasaar bakal jadi salah satu prodi unggulan yang jadi rujukan anak anak muda milenial, kata pria kelahiran Majene 1968 in

Tuntutan masa kekinian pada era digital dan virtual, sumber daya manusia dengan latar ilmu komunikasi, menjadi sebuah kebutuhan.

Prodi Ilmu Komunikasi akan secara bertahap membenahi laboratorium ilmu komunikasi agar ada tempat bagi mahasiswa melakukan praktek dan aplikasi teori komunikasi yang diperoleh dalam proses perkuliahan.

“Kemampuan intektual bukan jadi tujuan satu-satunya, tetapi dibutuhkan penguasaan psikomotorik sehingga butuh laboratorium praktek di kampus dan praktek atau magang di luar kampus,” ungkap Ketua Prodi S1 Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar pada masanya ini.

Data terakhir Senin sore (21/9/2020), jumlah maba Fisip Unismuh Makassar capai 341 orang, Ilmu Administrasi (190), Ilmu Pemerintahan (89), Ilmu Komunikasi (62).

Ketiga prodi yang dibina fakultas dua diantaranya yakni Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan telah terakreditasi dengan nilai A dari BAN-PT sedangkan prodi Ilmu Komunikasi terakreditasi B, kata Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX Sulawesi ini.

Saat ini Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Dr H Muh Tahir MSi dengan Sekretaris Prodi, Dian Muhtadiah Hamna SIP MIKom. (nas/cr/shar)