Beranda » Daerah » Pemkab Selayar Genjot Peningkatan SDM Bumdes
Daerah

Pemkab Selayar Genjot Peningkatan SDM Bumdes

SELAYAR – Kegiatan Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas SDM dan tata kelola Bumdes digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, di Baruga Bonerate selama dua mulai 24-25 Juli 2017.

Pelaksanaan kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Selayar tersebut, sebagai upaya peningkatan kapasitas SDM dan tata kelola Bumdes. Upaya imi juga dalam rangka mengembangkan bumdes di masing-masing wilayah desa sebagai pilar penopang bangkitnya konstruksi perekonomian desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Selayar, Andi Aswar, SH.MH mengatakan, diharapkan kegiatan imi dapat menjadi media pembelajaran bagi seluruh pelaksana bumdes dengan menjadikan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT. Bank Pesisir Rakyat Tanadoang (BPRT) sebagai cerminan dalam menopang kebangkitan badan usaha milik desa di wilayahnya masing-masing.

“Dalam kerangka itu pula, para kepala desa diharapkan dapat bersinergi dan menjalin hubungan komunikasi yang intens dengan pelaksana bumdes di desanya, urainya menambahkan,” papar Andi Aswar, saat dikonfirmasi wartawan di sela-sela pelaksanaan Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas SDM dan tata kelola bumdes hari kedua.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas PMD Kepulauan Selayar, Andi Aswar, SH.MH Sekretaris Dinas PMD Kepulauan Selayar, Sitti Rahmania, ST yang didampingi oleh Kepala Bidang Bina Pengembangan Ekonomi Desa, Krisnayanti, ST.

Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah pemateri lain dari unsur perbangkan diantaranya, Pimpinan Cabang PT. BRI Selayar, dan Dirut PT. BPRT, Asrijal Akib, SE. M.M yang mengetengahkan materi berjudul tata kelola bumdes.

Pada sesi tanya jawab terlihat antusiasme peserta yang dihandle Said Arfandi sebagai moderator. Kesempatan ini, peserta menerima pencerahan terkait esensi materi bermuatan eksistensi, filosofi, kelembagaan dan administrasi bumdes ‘ditangkap’ positif para peserta.

Mayoritas peserta menanyakan teknis dan tata cara penyusunan administrasi bumdes, seperti penyusunan buku kas umum dan neraca yang dikupas secara mendalam oleh dua orang pemateri dari BRI Selayar dan BPRT dengan membuka kesempatan kepada seluruh pelaksana bumdes.

Untuk pengajuan permohonan pinjaman modal usaha dari PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT. Bank Pesisir Rakyat Tanadoang (BPRT), diprioritaskan kepada lembaga badan usaha milik desa yang sudah terbentuk dan berkekuatan hukum tetap. (*/shar)

Citizen: Fadly Syarif/Said Arfandi