Malik: Koperasi Harus Paham Konsep 3G

Lutra: Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu Utara,pada tanggal 21sampai 22 Februari 2019 kemarin, sukses menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperas yang diikuti sekitar 100 orang Pengurus dan Pengelola Koperasi se Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Hotel Remaja Indah Masamba, menyajikan modul pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan dengan Materi Mindset Wirausaha koperasi, Manajemen Pengelolaan Koperasi, Laporan Keuangan, Penilaian Kesehatan KSP/USP serta Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan Koperasi dan UMKM.

Pada pelatihan ini menampilkan Narasumber,atau fasilitator antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,Abd Malik Faisal, Kabid UMKM Diskop dan UKM Prov. Sulsel, Anggota DPRD Kab. Lutra dan Kepala DP2KUKM Kabupaten Luwu Utara.

Seluruh rangkaian acara pelatihan ini ditutup pada hari Jum’at sore yang dihadiri langsung oleh Bupati Luwu Utara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulsel, Kadis DP2KUKM, beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Lutra serta Perbankan.

Bupati Luwu Utara,Indah Putri Indriani,dalam sambutannya berharap agar seluruh pengurus Koperasi dan KUD,senantiasa meningkatkan kompetensinya agar dapat bersaing sehat dengan pelaku usaha lainnya.

“Saya berharap para pengurus koperasi terus meningkatman kemampuannya,agar dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya, baik ditingkat lokal,naaional bahkan internasional,Kata Indah.

“Pemkab Lutra tetap berkomitmen untuk mengawal pelaku usaha lokal termasuk Koperasi dan UKM agar menjadi tuan rumah di daerah sendiri, seperti menyiapkan space di toko retail modern untuk produk KUMKM.

“Pemkab Lutra juga mendorong agar setiap Koperasi dapat melakukan RAT tepat waktu sehingga hadir Koperasi yang berkualitas dan sehat secara organisasi dan usaha sekaligus dapat menyiapkan berbagai kebutuhan pokok anggotanya,dan mampu berdaya saing,Lanjutnya.

Lihat Juga:  Pembentukan Tim Penaksir Ternak Liar, Gebrakan Baru Kelurahan Putabangung

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal,dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini,karena Pemkab Luwu Utara tetap fokus dalam Reformasi Koperasi dengan senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan strategis dalam pembinaan dan pengembangan usaha-usaha.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apa lagi pemkab Lutra sangat mendukung penuh, dalam upaya pengembangan usaha koperasi yang relevan dengan aktivitas ekonomi anggotanya serta prospek pasar domestik dan pasar global sekalipun,Ungkap Malik.

“Koperasi juga sudah saatnya paham dengan Konsep 3Go, yaitu Go Modern Go Digital dan Go Global Tegasnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Luwu Utara Muslim Muchtar dalam laporannya,mengatakan Pelatihan ini diikuti oleh 100 orang pengurus Koperasi dan KUD se Kabupateb Luwu Utara.

“Kegiatan inj bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Laporan Keuangan dan Penilaian Kesehatan KSP/USP, agar koperasi dapat RAT tepat waktu.Kata Muslim.

Pada Penutupan acara diserahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada 3 Koperasi yaitu kepada KSU Karya Nanda, KSU Mitra Setia dan Koperasi Wanita Melati yang diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Utara didampingi oleh Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel dan Kadis DP2 KUKM Lutra. [*]

Berita terkait