Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan Usul Bikin Pergub
Hasan Basri Ambarala, Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Satu lagi gebrakan yang dilakukan Plt Kadis Sosial Sulsel Hasan Basri Ambarala dengan terbentuknya Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan Sulsel yang mendapat SK dari Plt Gubernur Sulsel.

Tim yang terdiri 13 orang ini terpilih dari kalangan tokoh sejarah akademisi dan praktisi dan pemerhati budaya ini telah menggelar rapat kemarin di Aula Dinas Sosial, Kamis (3/6/2021).

Rapat yang dipimpin Kadis Sosial didampingi Prof Dr Andi Ima Kusuma berjalan dengan alot dimana menghasilkan keputusan untuk dipakai menjadi pedoman melakukan penelitian dan pengkajian atas kriteria wajar tidaknya seseorang mendapat gelar pahlawan.

Bahkan dalam rapat itu menyarankan agar dibuatkan peraturan gubernur sebagai payung hukum untuk dipakai tim ini dalam bekerja.

“Kita berupaya agar gelar kepahlawanan ini tidak hanya yang pernah memikul senjata yang menerima, tapi gelar itu bisa juga diusulkan bagi mereka yang berjasa di bidang pendidikan profesi lainnya yang bersentuhan dengan abdi dan jasanya untuk negeri ini,” ujar Andi Mappamadeng Rukka Mappanyompa yang juga masuk dalam tim 13 itu.

Karena itu didalam rapat tersebut disepakati untuk diusulkan ke Gubernur dibuatkan peraturan gubernur sebagai payung hukum untuk bekerja. Bahkan kalau perlu di pergub itu sudah diuraikan pedoman dan kriteria memperoleh gelar pahlawan. (*)