Beranda » Internasional » Pengusaha Indonesia Bangun Stadion Megah Di Amerika
Internasional

Pengusaha Indonesia Bangun Stadion Megah Di Amerika

WASHINGTON, D.C. — Klub sepak bola AS D.C. United, yang sebagian kepemilikannya dipegang pengusaha Indonesia, akan membangun stadion megah dan modern di ibukota AS, Washington, D.C.

Pesatnya perkembangan sepa bola di Amerika dimanfaatkan pengusaha muda Indonesia Erick Thohir yang menjadi pemilik klub sepak bola D.C. United di Liga Sepak Bola Amerika (MLS). Erick bermitra dengan Jason Levien membeli 40 persen saham tim itu yang memberi mereka kepemilikan mayoritas klub D.C. United.

Erick kini memimpin pembangunan stadion baru sepak bola D.C. United berkapasitas lebih dari 20 ribu kursi penonton di Buzzard Point, Washington D.C. yang rencananya akan selesai bulan Juni 2018.

Erick Thohir hadir dalam acara kick-off pembangunan stadion baru tersebut pada awal pekan ini (26/06), bersama kakaknya Boy Thohir, serta mitra investor, undangan dan seluruh anggota tim sepak bola.

“Acara hari ini adalah kick off yaitu pembangunan stadion. Kemarin (Red: 27/02) sudah ada peletakan batu pertama dan sudah ada step-stepnya tetapi ini dipercepat. Kita undang city council, mayor, dubes Indonesia, dan para partner dalam membangun DC. Ini sebuah proyek prestisius tidak hanya untuk kota Washington DC, tetapi juga untuk pengusaha Indonesia mendapat kesempatan membangun sesuatu di Washington DC dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing secara global,” kata Erick Thohir, Pemilik Mayoritas D.C. United.

Erick merupakan pengusaha yang belakangan ini berkutat dalam industri olahraga. Sebagai pendiri Mahaka Grup, pria kelahiran 30 Mei 1970 itu sempat menjadi Presiden Inter Milan. Pengalaman ini yang akan dibawanya untuk memajukan klub D.C. United.

“Dalam melakukan investasi ada tiga step yang kami lihat, pertama apakah merk clubnya bagus. Kedua, apakah kotanya bagus karena kembali bicara soal market. Ketiga, yang terpenting adalah bagaimana membangunnya. Di situlah kunci manajemen yang baik. Ini yang saya selalu yakini dalam bisnis: branding, kota, dan membangun on and off the pitch management dan lainnya. Ini yang saya lakukan di Inter Milan dan akan saya lakukan di D.C. United,” kata Erick Thohir.

Dukungan yang sama juga dinyatakan oleh kakak Erick Thohir, Boy Thohir yang turut hadir dalam acara di Audi Field Preview Center tersebut. (voa/4ld)