Plt Kadis PMD Sulsel: Bumdes bisa Mendapatkan Permodalan dari Perbankan

Plt Kepala Dinas PMD Sulsel, Saleh
Saleh, Plt Kepala Dinas PMD Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel terus mendorong agar Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat terus maju dan berkembang serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Plt Kepala Dinas PMD Sulsel, Saleh mengaku berbagai terobosan terus dilakukan diantaranya dengan membantu dan memfasilitasi agar Bumdes mendapatkan permodalan dari perbankan.

“Kita mendorong agar bumdes di sulsel mendapatkan permodalan dari perbankan sehingga mampu mengembangkan usahanya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya, Kamis (3/2/2022).

Ia menyebutkan Bumdes yang saat ini telah berbadan hukum tidak perlu lagi memberikan penjaminan apabila ingin mendapatkan modal di perbankan.

“Kami telah melakukan pertemuan dengan beberapa perwakilan Bumdes serta BRI. dan BRI siap memberikan bantuan permodalan, apalagi bumdes saat ini telah berbadan hukum sehingga tidak perlu memberikan jaminan seperti dulu yang harus ada jaminan sertifikat tanah,” sebutnya.

Saleh mengaku perbankan siap memberikan bantuan hingga miliaran, tergantung dari kelayakan dan jenis usahanya.

Berita Lainnya

“Perbankan akan memberikan bantuan permodalan hingga miliaran rupiah, tergantung dari hasil kelayakan dan jenis usaha yang akan di survei tim mantri desa karena bumdes mempunyai jenis usaha yang berbeda-beda contoh ada yang bidang pariwisata maupun lainnya,” pungkasnya.

Kadis PMD menambahkan, Bunga yang diberikan oleh perbankan sangat rendah seperti KUR.

“Bunganya sangat rendahkan KUR dan kalau Bumdes mau menggunakannya secara maksimal pasti mereka mampu membayarnya dengan lancar dan secara bertahap bumdes akan semakin maju dan berkembang,” tutupnya. (*)

Berita Terkait