Devo Khaddafi.

MAKASSAR – Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemprov Sulsel, Devo Khaddafi, berencana merancang aplikasi yang mampu mendata berbagai ormas di Sulawesi Selatan.

Aplikasi tersebut awalnya akan direncanakan dalam bentuk website dan nantinya akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi yang bisa di download melalui playstore ataupun App playstore lainnya.

Dia mengaku aplikasi ini akan menyediakan informasi terkait pelayanan masyarakat yang ada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Nanti semuanya itu kita akan di buat digital ki, jadi akan ada websait yang menyediakan semua informasi terkait pelayanan masyarakat yang ada di badan kesatuan bangsa dan politik pemprov sulsel,” kata Devo saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (27/1/2020).

Lebih lanjut, Devo mengatakan, aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus syarat-syarat pendaftaran yayasan, ormas, ataupun LSM di Sulsel.

“Kemudian kita juga akan berusaha mempercepat kalau sekarang untuk pengiriman untuk pemeriksaan berkas itu bisa 2 hari maka kita targetkan di tahun 2020 ini minimal paling lama 1hari itu sudah selesai. Yang penting ini kemudian kita kirim ke Jakarta karena semuanya sekarang tanda daftar itu ada di Jakarta,” jelasnya.

Aplikasi tersebut kata Devo, baru pertamakali dikembangkan di Sulsel dan diberi nama “Mata Kesbangpol”.

Rencananya, website Mata Kesbangpol akan dirancang pada bulan dua mendatang, sedangkan untuk aplikasinya baru dirancang pada triwulan kedua mendatang.

“Kita rencana bulan 2 ini kita selesai untuk yang websaid kemudian kita perkirakan aplikasi nya kira kira triwulan ke 2 jadi kita beraharap tentu saja belum sempurna pasti ini sambil jalan kita benahi dan kemungkinan akan melakukan juga study tiru kebeberapa daerah”. Pungkasnya. [*]