Polsek Manggala Buat Posko Pengamanan Lebaran Bercirikhas Sulsel

Polsek Manggala Buat Posko Pengamanan Lebaran Bercirikhas Sulsel
Polsek Manggala membangun Posko Pengamanan Lebaran 2022 bercirikhas budaya Sulsel dengan memadukan 3 etnis, Suku Bugis, Makassar dan Toraja.

MAKASSAR—Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Manggala, Polrestabes Makassar kembali membangun Posko Pengamanan Lebaran 2022 bercirikhas budaya Sulsel dengan memadukan 3 etnis, Suku Bugis, Makassar dan Toraja. Hal ini mendapat apresiasi dari warga setempat.

Ketua LPM Kelurahan Bangkala, H. Haris Masse Basoe mengatakan, Posko tersebut memberi kesan adanya kedekatan kultural antara Polisi dengan masyarakatnya. Dia menilai, penggunaan bahan dari bambu termasuk tangga “dasere” mirip rumah orang Bugis Makassar di perkampungan dan pemilihan warna kuning, merah, hitam, putih seolah mewakili Tana Toraja , sangat tepat.

“Pom Lebaran tahun ini bagus sekali dalam memadukan karakter budaya Bugis, Makassar dan Toraja,” tukas Haris penuh antusias.

Sementara Ketua LPM Kelurahan Biring Romang Ambang Ardi Yunisworo, mengatakan, ciri khas yang dibuat para petugas polisi di bawah kepemimpinan Kapolsek Kompol Edhy, seolah mengajak masyarakat agar selalu “menyatu” memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Pospam ini berkesan rumah bersama. Seperti mengajak kita untuk dalam kebersamaan meski berbeda. Beda jaman dulu, bentuknya terkesan memberi jarak seolah khusus untuk Polisi dengan warna strep hitam putih,” tutur pria asal Blitar beristeri putri Bugis puluhan tahun lalu yang akrab disapa Ghembonk ini.

Kapolsek Manggala Komisaris Polisi H.Edhy Supriadi Idrus, SH yang mantan Kahumas Polrestabes Makassar kepada awak media yang menemuinya di lokasi kawasan Balang Tonjong mengatakan, yang dilakukan itu tak terlepas dari kearifan lokal dalam penggalangan masyarakat untuk ikut bersama memelihara keamanan dan ketertiban lingkungannya.

Berita Lainnya

“Kamtibmas bukan tanggungjawab semata Pihak Kepolisian tapi juga masyarajat,” tutur Kapolsek Manggala.

Fungsi Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran tahun ini diharapkan dapat memberi pelayanan dan Pengamanan kepada masyarakat dalam merayakan hari Raya Idul Fitri. (AP)

Berita Terkait