MAKASSAR – Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 segera memperkuat lintas laut Sulsel, khususnya Kota Makassar. Sebelumnya, Satlinlamil 1 berkedudukan di Ibu Kota Negara DKI Jakarta dan Satlinlamil 2 berkedudukan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI, Irwan Achmadi, mengatakan, berbagai persiapan mulai dilaksanakan sesuai prosedur pendirian yang berlaku di lingkungan TNI AL. Satuan yang bernaung di bawah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Jakarta ini, rencananya akan membangun markas di lahan milik TNI AL di Makassar.

“Semua rencana kegiatan peresmian, berikut rencana pembangunan sarana dan prasarana Mako Satlinlamil 3 Makassar, untuk sementara menggunakan gedung Satrol Lantamal VI Makassar,” ujarnya, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 1 Desember 2020.

Ia menjelaskan, pembentukan Satlinlamil 3 Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi 3 Makassar.

“Sesuai Peraturan Kasal nomor 24 tahun 2020 yang salah satunya perintah bagi Kolinlamil untuk membentuk Satuan Pelaksana Satlinlamil 3 Makassar, untuk mendukung Divisi 3 Kostrad yang juga merupakan kotama TNI AD yang baru terbentuk,” tutur Panglima Kolinlamil itu.

Pati bintang dua di pundak ini pun menegaskan kepada jajarannya yang terlibat dalam pembentukan satuan ini, untuk segera melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana Mako Satlinlamil 3 Makassar.

Pembentukan tersebut juga sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, tentang pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan begitu juga kesiapan operasional alutsista TNI AL.

Menurut dia, Satlinlamil merupakan satuan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Makassar, dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis. Yaitu sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

Sementara itu, Kolonel Laut (T) Al Imran menambahkan, perencanaan pembangunan Mako Satlinlamil 3, rumah dinas, dan bangunan lainnya yang merupakan kelengkapan dari standar pembangunan fasilitas Satlinlamil 3 ditargetkan dua lahan milik TNI AL di Makassar.

“Ada dua lahan TNI AL di Makassar yang menjadi alternatif tempat yang rencananya akan dijadikan tempat untuk Mako Satlinlamil 3. Yaitu di area Pannampu Park Kelurahan Lembo, Kecamatan Tallo dan di Kelurahan Karuwisi Kecamatan Panakkukang, belakang Gedung DPRD Provinsi Sulsel,” jelasnya. (*)