MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Se-Indonesia menggelar Fokus Group Discussion (FGD) melalui virtua zoom. Selasa (6/10/2020)

FGD yang mengusung tema “Penguatan Peran LPTK dalam Penyiapan Guru Indonesia” dihadiri sekaligus dibuka langsung oleh wakil Presiden RI Prof. Ma’ruf Amin. Dalam lingkup UNM sendiri FGD dihadiri para wakil Rektor, para Dekan, dan para ketua Lembaga.

Pada kesempatan itu, Ma’ruf berharap Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk mempertimbangkan kondisi riil dunia pendidikan saat ini dalam menyiapkan guru-guru di Tanah Air.

“Misalnya masih 10 persen guru bukan PNS dan 6,7 persen guru PNS yang belum memiliki gelar sarjana (S-1). Selain itu lembaga pendidikan kita antar daerah belum seluruhnya memiliki standar mutu yang sama,” ujar

Sementara itu rektor UNM Prof. Husain mengungkapkan sajauh ini UNM tak henti-hentinya membuat berbagai inovasi dan terobosan guna mencetak para tenaga pendidik yang profesional.

Ia mengaku berbagai kebijakan baik dalam kesiapan infrastruktur digital dan kurikulum pelajaran telah terus mengalami terobosan guna mencetak para lulusan atau guru yang siap bersaing mengahadapi era digital.

“Berbagai kebijakan kapan kami telah buat, Jauh sebelumnya kami telah mempersiapkan UNM sebagai kampus digitalisasi, Kita sudah bawa kampus kita menjadi kampus yang mengglobal, dengan infrastruktur digital, sehingga kami pula telah siap dalam kebijakan kampus merdeka belajar,” jelasnya. [*]