UPBJJ UT Makassar Gelar Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24
Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24 dilaksanakan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPJJ UT) Makassar.

MAKASSAR – Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPJJ UT) Makassar Jumat-Sabtu (12-14/7/2019) menggelar Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24 di Hotel Santika Makassar.

Kegiatan diikuti 60 orang peserta ini di buka Jumat pagi (12/7/2019) oleh Direktur UPJJ UT Makassar, Drs Andi Sylvana MSi didampingi para pengelola lainnya.

Narasumber pelatihan didatangkan dua orang pemateri dari UT Jakarta yakni, Dr Adi Suryanto MPd serta Dr Trini Prasiti MPd.

Pada sambutannya, Andi Sylviana meminta kepada para peserta pelatihan ini dapat lebih baik dari angkatan sebelumnya.

Apalagi katanya peserta kali ini berasal dari berbagai tempat dan pendidikan ada dari Sidrap, Luwu Timur, Enrekang, Toraja.

Peserta ada yang sudah bergelar doktor dengan latar dosen dan profesi lainnya dari perguruan tinggi yang ada di Sulsel.

Sarjana ekonomi Unhas ini meminta kepada peserta selama pelatihan dapat memahami dan menguasai materi yang diberikan narasumber.

Materi yang disajikan di antaranya: konsep sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, konsep dan prinsip belajar mandiri.

Pengangan KIT Tutorial, Pembelajaran Aktif Tutorial, ragam metode pembelajaran, pengangan bahan presentasi.

UPBJJ UT Makassar Gelar Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24
Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24 dilaksanakan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPJJ UT) Makassar.

Pada hari terakhir Minggu (14/7/2019) materi praktek pelatihan/tutorial mini dengan fasilitator, Subirman Musa, Zainal Arifin, Husnaeni, Kusmaladewi, Muin, Jamil.

Salah seorang peserta dosen Fisip Unismuh Makassar, Dr Muhammad Yahya MSi, menilai pelatihan sangat inovatif dengan narasumber sangat menguasai materi dan mudah melakukan transper materi pelatihan kepada peserta.

Materi selama pelatihan akan menambah keterampilan dan pengetahuan pembelajaran ketika mengajar di kampus asal, tegas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Peserta pelatihan lainnya Dr. Husain As, MPd, dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, menilai pelatihan sangat bagus dengan materi terbaru serta narasumber yang penuh empati dan menghidupkan suasana pelatihan, tegas dosen dan juga instruktur, motivator dan narasumber softskill dan etos kerja ini.

Hal sama juga ditegaskan peserta lainnya, Dr Mustaking Mukhlab MSi sehari-hari staf di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Sulawesi, dia menilai pelatihan ini semakin membuka pengetahuan dan pemahaman dalam proses pembelajaran.

Peserta pelatihan lainnya, Dr Andi Asrifan, SPd MPd dosen dari Universitas Muhammadiyah Sidrap, menilai pelatihan ini memberi inovasi dan pengetahuan lebih terbaru dalam pembelajan.

Peserta kali ini ada berstatu dosen dari Unhas, UNM, UIN Alauddin, Dosen dan staf dari LLDIKTI IX Sulawesi, Guru dan beragam profesi lainnya. (ruf/c/shar)