Warga dilarang Mudik, Pemerintah Justru Akan Pulangkan Jutaan WNI yang Berada di Luar Negeri

0
93

VIDEO – Virus corona di Indonesia semakin tidak terkendali, tercatat 32 provinsi di Indonesia telah mengkonvirmasi adanya positif corona di wilayahnya.

Ditengah perjuangan melawan virus Covid 19, Pemerintah berencana memulangkan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Langkah ini akan ditempuh karena terus meluasnya wabah virus corona (Covid-19) di hampir semua negara di dunia.

Rencana itu, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas.

Menteri Retno mengatakan bahwa pemulangan WNI ini dilakukan dalam jumlah yang jauh lebih besar dari masa biasanya.

Prosedur kesehatan ketatpun akan dilakukan, setiba ditanah air, jika ada WNI memiliki gejala terinfeksi Covid-19, maka akan menjalani karantina dan perawatan lebih lanjut. Jika tidak menunjukkan gejala WNI tersebut mesti menjalani karantina mandiri selama dua pekan.

Hal inipun memicu kontroversi, ditengah maraknya daerah yang melarang untuk mudik kekampung halamannya untuk mencegah penyebaran Corona.

Presiden Joko Widodo juga meminta pemerintah daerah lebih tegas melarang warga mudik ke kampung halaman. Sejumlah pemerintah daerah diketahui telah membuat kesepakatan untuk melarang mudik selama pandemi virus corona (covid-19). [*]