Webinar IndigoHub Makassar Kupas Strategi Agar Produk Lebih Unggul
Webinar Startup AtoZ kali ini, IndigoHub Makassar berkolaborasi dengan Nobel Indonesia Institute dan Politeknik LP3I Makassar yang berlangsung Senin (11/10/ 2021), menghadirkan Founder Sahaba Kreatif, Zulkifli AT yang membahas topik "Finding Your Unique Selling Proposition" atau USP.

MAKASSAR—Webinar IndigoHub Makassar, Startup AtoZ merupakan sharing session dari Expert yang membahas seputar digital preneurship untuk menambah pengetahuan dalam membangun dan mengembangkan bisnis startup.

Webinar Startup AtoZ kali ini, IndigoHub Makassar berkolaborasi dengan Nobel Indonesia Institute dan Politeknik LP3I Makassar yang berlangsung Senin (11/10/ 2021), menghadirkan Founder Sahaba Kreatif, Zulkifli AT yang membahas topik “Finding Your Unique Selling Proposition” atau USP.

Dalam sesinya, Zulkifli menyampaikan bahwa penting untuk menemukan USP karena hal tersebut menjadi landasan dalam memulai bisnis. USP harus ada dalam sebuah perusahaan karena besarnya persaingan market.

“Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang pasti, Olehnya itu bukanlah hal yang perlu ditakuti, karena sering kali dri kompetitor bisa belajar banyak hal seperti strategi marketing yang diterapkan dan kulaitas produk yang dimiliki, terangnya.

Lebih lanjut Zulkifli menerangkan, bahwa terdapat 3 hal yang mempengaruhi daya beli konsumen yaitu; Problem atau masalah yang diahadapi konsumen, Want need, merubah keinginan menjadi kebutuhan serta selling atau memutuskan membeli.

Dari ketiga hal itu, Zulkifli menyebut, bahwa letak USP yang melibatkan keputusan konsumen mengapa harus membeli berada diantara merubah keinginan menjadi kebutuhan dengan keputusan membeli.

Untuk menentukan USP, menurut Zulkifli dilakukan dengan cara sebagai berikut; Posisikan diri sebagai konsumen. Dimana dalam tahap ini pastikan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen selain faktor produk. Yang harus ditonjolkan adalah kualitas kenyamanan, kebersihan dan keramahan.

Cara kedua dengan mengetahui perilaku konsumen dengan memperhatikan faktor demografi dan motivasi pembeli. Sedangkan cara ketiga senantiasa memperhatikan review konsumen, karena review berfungsi untuk mengetahui keunggulan brand serta apa saja yang perlu dikembangkan.

Menutup kegiatan Generar Manager IndigoHub Makassar, S. Aryani menuturkan, bahwa melihat geliat persaingan brand saat ini, Pelaku bisnis perlu untuk mengetahui decara detail untuk mengetahui keunikan kita agar dapat bersaing dengan kompetitor

“Sesi webinar kali ini menjadi pelaku bisnis untuk dapat sejenak melihat jauh ke dalam seperti apa brand-nya di mata konsumen, seperti apa positioning kita dengan para kompetitor dan menemukan semua pertanyaan-pertanyaan itu ada di webinar ini,”  pungkas Ariyani. (70n)