23.740 Warga Sulsel Lulus dalam Seleksi Penerimaan Kartu Pra Kerja

MAKASSAR- Berdasarkan keputusan Kementerian Perekonomian, provinsi sulsel mendapatkan kuota kartu prakerja sebanyak 158 ribu lebih pekerja di Sulsel.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengungkapkan dari 158 ribu lebih kuota kartu prakerja baru sebanyak 23.740 warga Sulsel yang dinyatakan lulus dalam seleksi penerimaan kartu pra kerja.

“Jadi Keputusan Kemenko itu kuota kartu pra kerja untuk sulsel sebanyak 158 ribu lebih sementara untuk penerimaan digelombang 1 sampai 3 ini,baru 23.740 yang dinyatakan lulus sehingga masih ada sekitar 135 ribu lebih kuota yang belum terpakai,Ungkap Darmawan Bintang (Rabu 3-6-20).

Ia menjelaskan di Sulawesi Selatan,Kota Makassar menjadi kota terbanyak yang masyarakatnya lulus program tersebut yakni sebanyak 8.000 pekerja.

“Jadi yang paling tinggi lulus kartu prakerja itu kota Makassar sebanyak 8000 kemudian Gowa sekitar 5800, Kabupaten Bone sekitar 1000 lebih dan kabupaten lainnya 300 sampai 500 pekerja yang diterima,Jelasnya.

Meskipun kuota pekerja belum terpenuhi, Darmawan Bintang berharap tidak ada lagi pekerja yang terdampak Covid 19 dan membutuhkan kartu pra kerja tersebut.

“Harapan kami tidak ada lagi pekerja yang terdampak covid-19,karena pemerintah akan segera menerapkan New Normal,dimana perusahaan nantinya sudah bisa beroperasi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,Harapanya.

Andi Darmawan Bintang lebih jauh mengaku,berdasarkan data total pekerja yang terdampak Covid 19 sekitar 15.800 dengan spesifikasi yang dirumahkan 15.400 pekerja dan yang di PHK sekitar 400 orang.

“Semoga Pandemik Covid-19  tidak membawa pengaruh besar lagi  khususnya bagi para pekerja,dengan kembalinya mereka bekerja,namun tetap menjalankan atau menerapkan protokol kesehatan covid-19,seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak serta lainnya,” Tutupnya. [*]

Lihat Juga:  IKA Kehutanan Unhas Gelar Forester Festival

Berita terkait