ABK Asal Sulsel Meninggal di Kapal, Jenazahnya Dibuang ke Laut

0
2228

VIDEO – Kabar duka dari Pelaut asal Enrekang, Sulawesi Selatan, Alfatah, ABK berusia 20 tahun itu dilaporkan meninggal dunia yang kemudian jenazahnya dibuang ke laut.

Kabarnya, ABK asal Dusun Banca, Desa Bontongan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan itu, meninggal karena sakit yang dideritanya.

Informasi tersebut beredar sudah beredar ramai di berbagai media sosial.

Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI yang beredar di medsos, Alfatah meninggal setelah sebelumnya mengalami sakit di kapal Longxing 629 saat sedang melaut pada 18 Desember 2019 lalu.

Dalam surat tersebut, Alfatah dikatakan menderita sakit pada bagian kaki dan wajah yang bengkak, dia juga mengeluh sakit pada bagian dada.

Alfatah kemudian dipindahkan ke Kapal Long Xing 802, Pada 27 Desember 2019. yang akan berlabuh di Samoa (sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik) yang kemudian rencananya akan dibawa ke rumah sakit.

Namun, Alfatah meninggal delapan jam setelah dipindahkan ke kapal tersebut.

Dengan alasan daratan (negara Samoa) masih sangat jauh dan dikhawatirkan adanya penyakit menular yang bisa menjangkiti kru kapal lainnya, kapten kapal memutuskan membuang jenazah Alfatah ke laut tanpa sepengetahuan agen penyalur Alfatah yakni Ming Feng International (MFI) di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). [*]