Kadishub Sulsel, Muhammad Arafah
Kadishub Sulsel, Muhammad Arafah

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulsel mendapatkan bantuan hibah dua unit kapal dari kementrian perhubungan (Kemenhub) RI, yang akan direkonstruksi menjadi kapal rumah sakit (RS).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, Kapal rede yang drafnya rendah akan direkonstruksi menjadi kapal rumah sakit dan ditempatkan di pulau Selayar dan Pangkep.

“Kita mendapatkan bantuan hibah kapal dari kementerian Perhubungan. Rencananya pak Gubernur merekonstruksi menjadi kapal rumah sakit terapung. Kapal ini nantinya penempatannya di pulau Pangkep dan Selayar,” ungkap Arafah saat ditemui di kantor Gubernur (12/1/2021).

Ia menyebutkan didalam kapal ini akan disiapkan berbagai fasilitas dan didukung alat kesehatan dari dinas kesehatan sulsel.

“Jadi Kapal ini bisa berlabuh tanpa ada dermaga, sepanjang ada air dan nantinya ada 8 ruangan didalamnya baik ruang operasi,poliklinik gigi, serta lainnya,” sebutnya.

Arafah juga mengaku untuk rekonstruksi, Dinas Perhubungan akan bekerjasama dengan PT IKI.

“Kalau rekonstruksi Dishub sulsel akan bekerjasama dengan PT IKI, dengan anggaran sekitar Rp3,5 miliar setiap kapalnya atau total Rp7 miliar untuk dua kapal ini,” ucapnya.

Lebih jauh Ia menjelaskan Kapal Rumah sakit rencananya akan dilaunching pada bulan 6 mendatang.

“Kapal ini rencananya akan dilaunching pada bulan 6 mendatang dan nantinya akan mobile ke pulau-pulau Pangkep dan Selayar untuk melayani masyarakat,” tambahnya.

Kadishub Sulsel menambahkan, hadirnya Kapal rumah sakit ini akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat khususnya daerah kepulauan.

“Pastinya ini akan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di daerah kepulauan,” tutupnya. (*)