Bahasa Indonesia Go Internasional, Negara Ini Sudah Giat Belajar Bahasa Indonesia

0
586

VIDEO – Banyak ahli bahasa berpendapat bahwa bahasa Indonesia sangat berpotensi menjadi bahasa internasional. Bahkan, Collins (2005) telah menunjukkan betapa potensialnya bahasa Indonesia (Melayu) menjadi bahasa dunia (internasional) dilihat dari sejarahnya. Di samping itu, saat ini sudah banyak ahli atau komunitas sarjana dari mancanegara yang mengkhususkan diri mempelajari bahasa Indonesia/Melayu.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu tanah air tercinta. Berasal dari bahasa Melayu, bahasa Indonesia kini mulai berkembang dan beberapa kali telah mengalami perubahan hingga saat ini.

Mungkin Anda mengira bahwa bahasa Indonesia hanya digunakan di negara kita, tetapi ternyata di negara lain juga yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa alternatif.

Dan inilah sejumlah negara yang justru sangat antusias dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penasaran? san inilah negara negara yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa alternatifnya.

1. Kanada

Kanada merupakan negara yang terletak di benua Amerika bagian utara, teman-teman.

Bahasa utama yang digunakan oleh penduduk Kanada adalah bahasa Inggris. Namun bahasa Prancis juga banyak digunakan oleh penduduk Kanada.

Karena kanada menjadi surga bagi pencari kerja asal indonesia, bahasa Indonesiapun mulai terkenal dan banyak dipelajari di negara asal penyanyi Justin bieber itu.

Negara ini bahkan sudah membuka beberapa tempat kursus dan tempat belajar Bahasa Indonesia.
Meningkatnya jumlah pekerja dari Indonesia membuat Kanada menganggap belajar Bahasa Indonesia itu penting.

2. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang serius untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Bukan untuk menjajah kembali, tapi karena Jepang merasa bahwa belajar bahasa Indonesia merupakan hal yang penting mengingat banyaknya kerja sama antara Jepang dengan Indonesia.

Mulai dari Pariwisata, Bisnis, Ekonomi, Pendidikan dan masih banyak lagi.

Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) Jepang juga telah membuka Program Studi Bahasa Indonesia yang menjadi salah satu program studi yang paling diminati di negara dengan julukan negri matahari terbit itu.

Menurut kabar untuk memasuki program studi ini terbilang sangat ketat karena setiap tahun ajaran baru hanya ada 18 mahasiswa yang berhasil.

4. Vietnam

Terbukanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam membuat negara yang satu ini juga mempelajari bahasa Indonesia. Sejak 2007, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa kedua di negara ini.

Sebagian besar alasan mereka tertarik mempelajari bahasa Indonesia karena berkeinginan belajar tentang kekayaan Indonesia, seperti mengulik resep kuliner, seni, budaya, hingga wisata.

5. Ukraina

Ukraina merupakan salah satu negara yang merasa bahwa bahasa Indonesia penting untuk dipelajari. Hal ini terbukti dari dibukanya Program Studi Bahasa Indonesia di Taras Shevcenko National University of Kyiv sejak 2013. Saat ini, di universitas terbesar dan terbaik di Ukraina itu, sedikitnya 50 mahasiswa S-1 belajar bahasa Indonesia dan puluhan lainnya sedang mempersiapkan diri untuk menempuh jenjang S-2.

6. Korea Selatan

Korea Selatan begitu dekat dengan masyarakat indonesia, apalagi kalo soal Drama korea dan dan musik K-pop-nya.

Tak jarang banyak masyarakat Indonesia yang bisa berbahasa korea hanya karena seringnya menonton drama negri gingseng ini.

Bukan hanya itu banyak warga negara Indonesia yang bergaya kekoreaan dan mempelajari bahasa Korea.

Namun siapa sangka, negara yang satu ini justru menyukai bahasa Indonesia. Hankuk University of Foreign Studies adalah salah satu universitas di dunia yang memiliki Program Studi Bahasa Indonesia di dalamnya. Salah satu pengajarnya pun asli orang Indonesia yang bernama Tengsoe Tjahjono.

Selain itu, Masyarakat Negeri Ginseng itu memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia, ditunjang oleh sejarah panjang Korsel sebagai salah satu partner dagang utama, investasi, pariwisata, pendidikan dan keamanan.

7. Hawaii

Siapa yang sangka jika orang-orang di Hawaii tertarik dengan bahasa Indonesia. Banyak universitas di sana yang diajari bahasa Indonesia. Bahkan tim pengajarnya rela terbang Hawaii–Indonesia untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya dan bahasa Indonesia.

8. Suriname

Sebanyak 14% dari penduduk di Suriname merupakan warga negara Indonesia yang berasal dari Jawa. Hal tersebut membuat penduduk di Suriname senang untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Banggalah dengan bahasa Indonesia karena terbukti bahasa Indonesia merupakan bahasa yang disukai oleh banyak negara.

Jangan sampai Negara lain jistru lebih memahami bahasa kita dibandingkan dengan kita sendiri. [*]