Beranda » Video » Berkenalan dengan Erica, Robot Cantik Pembaca Berita Pertama di Dunia
Video

Berkenalan dengan Erica, Robot Cantik Pembaca Berita Pertama di Dunia

TEKNOLOGI – Perkembangan teknologi semakin maju dan cepat. Berbagai teknologi robotic diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Salah satu yang menarik adalah si Robot pembaca berita bernama Erica.

Baru-baru ini Hiroshi Ishigiro seorang perakit robot yang juga Direktur Intelligent Robotics di Osaka Iniversity menciptakan robot bernama Erica yang akan menjadi penyiar berita televisi pertama didunia.

Erica memiliki tubuh dan wajah yang menyerupai manusia yang cantik. Ia bakal menjadi pembaca berita di TV Jepang pada April 2018 nanti.

Robot yang dibiayai oleh JST Erato ini dilengkapi 14 sensor infra-merah dan teknologi pengenal wajah. Meskipun tidak bisa menggerakkan lengannya, dia bisa tahu suara datang dari mana dan siapa yang mengajukan pertanyaan.

“Kami akan mengganti pembaca berita (manusia) dengan android (robot),” kata Hiroshi Ishiguro, dilansir dari Daily Mail, Senin (12/2/2018).

Sebelumnya pada 2014 lalu, Dr Hiroshi sudah pernah menciptakan robot sebagai pembaca berita, yaitu Kodomoroid dan Otonaroid yang kini berada di Museum Tokyo. Belum dapat diketahui apakah Erica akan lebih baik dari robot yang sudah digarap sebelumnya.

Untuk pekerjaan barunya nanti sebagai pembaca berita, Erica akan menggunakan Al untuk membaca berita yang telah disusun oleh manusia. [*/4LD]