Bersama Menteri LHK, Saharuddin Ridwan Paparkan Peran Penting dan Pemberdayaan Bank Sampah di Tanah Air

0
24

MAKASSAR—Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Bank Sampah Ke-6 dengan tema “Pemberdayaan Bank Sampah Melalui Peraturan Menteri LHK Nomor 14 Tahun 2021 Untuk Meningkatkan Peran Bank Sampah Dalam Sirkular Ekonomi”, Kamis (12/08/2021).

Rakornas tersebut diselenggarakan dalam rangka memikirkan permasalahan tentang sampah yang merupakan bagian dari dinamika kehidupan manusia, yang dalam setiap gerak dan aktifitasnya selalu menghasilkan sampah, serta tidak akan pernah terlepas dari sisi polutif yang hingga saat ini terus mengganggu kesehatan dan kenyamanan masyarakat.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah menggelar diskusi yang dihelat secara virtual ini, dengan harapan ada solusi akan fenomena tentang sampah di tanah air.

Selain mendengarkan sosialisasi Permen LHK No 14 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah yang nantinya akan dibawakan  Direktur Pengelolaan Sampah, Novrizal Tahar, juga akan hadir sebagai narasumber Saharuddin Ridwan selaku Ketua Asosiasi Bank Sampah Seluruh Indonesia (ASOBSI) yang akan menjelaskan tentang Peran ASOBSI dalam Pendampingan dan Pemberdayaan Bank Sampah.

Akan ada juga cerita sukses dari pengelola Bank Sampah yakni Bank Sampah “Bintang Sejahtera dan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab, namun sebelumnya direncanakan pula hadir Menteri LHK, Siti Nurbaya yang membuka Rakornas tersebut sekaligus memberikan penghargaan terhadap 5 bank sampah terbaik se Indonesia dan juga Penekanan Tombol Peresmian Website Simba.id. (*/464ys)