Beranda ยป Wisata ยป Bukit Jaddih, Surga Alam Dari Madura
Wisata

Bukit Jaddih, Surga Alam Dari Madura

WISATA – Potensi wisata di Madura selama ini seakan tidak terdengar. Tertutup oleh hingar bingar destinasi wisata lainnya di Jawa, terutama di sekitar Surabaya. Padahal, tempat wisata untuk liburan di Madura ini juga tidak kalah dengan tempat lain loh! Sebut saja Bukit Jaddih, yang mungkin belum banyak yang tahu.

Lengkapnya lebih banyak dikenal dengan Bukit Kapur Jaddih, namun sebagian besar orang lebih suka menyebutnya Bukit Jaddih saja. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tujuan wisata seperti umumnya.

Bukit kapur ini memang menakjubkan. Semua orang yang melihatnya, pasti akan terpesona. Oleh karena itu, tempat ini jadi sangat populer untuk orang-orang kota yang ingin liburan.

Lengkapnya lebih banyak dikenal dengan Bukit Kapur Jaddih, namun sebagian besar orang lebih suka menyebutnya Bukit Jaddih saja. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tujuan wisata seperti umumnya. Kondisinya agak mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang yang juga tempat penambangan pasir. Hanya saja kalau Bukit Jaddih ini adalah penambangan batu kapur putih.

Meskipun sudah populer dan ramai dikunjungi wisatawan, tetaplah berhati-hati. Jangan sampai kamu tersesat ataupun mengalami hal-hal tidak enak lainnya yang bisa merusak mood liburan. Sebaiknya, kamu datang ke sini secara berkelompak, sekitar enam orang atau lebih. Jadi bisa saling menjaga satu sama lain.

Namun, nasib Bukit Jadih jauh lebih beruntung daripada si Brown Canyon yang ada di Semarang. Meskipun sebelumnya Bukit Jaddih ini tidak dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan tidak dibuka untuk umum, namun sekarang ini Bukit Jaddih telah difungsikan menjadi lokasi wisata yang dibuka untuk umum.

Sebenarnya, daya tarik utama dari kawasan wisata Bukit Jaddih yang ada di madura ini adalah panorama alam sekitarnya yang fotogenik. Dengan suasana dan cuaca yang mendukung, kalian yang berkunjung ke tempat ini pastilah berkesempatan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Perlu dicatat juga, meski tempat ini bagus dan layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata, namun masih banyak penambangan batu kapur yang masih aktif. Sehingga para pekerja penambang kapur di dekat Bukit Jaddih masih banyak terlihat.

Selain itu, sebaiknya kalian memanfaatkan GPS atau peta untuk menemukan lokasi Bukit Jaddih di Madura ini karena petunjuk untuk menuju ke tempat ini masih terhitung kurang. Tiket masuk ke Bukit Jaddih adalah IDR 2000 dan biaya parkir disini adalah IDR 5000.

Lokasi tempat wisata Bukit Jaddih ini berada di dekat penambangan batu kapur di wilayah Bangkalan, atau lebih jelasnya, lokasi wisata bukit di Madura ini berada di Desa Jaddih. Jika kalian ingin liburan ke tempat ini, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam โ€“ 1,5 jam atau sekitar 28 km dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Surabaya.

Untuk ketempat ini, kamu juga bisa menggunakan jalur Kamal menuju Desa Bilaporah, Socah. Rute ini relatif lebih cepat dan lebih ramai. Sehingga lebih aman untuk kamu lewati. Atau kalau lebih gampang, kamu bisa menggunakan jasa tour and travel, jadi kamu tidak perlu repot-repot membuat rencana.