MAKASSAR – Pandemi covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak bulan maret lalu hingga saat ini memberikan dampak yang sangat besar diberbagi sektor termasuk disegi investasi.

Agustina Kepala Bidang (kabid) Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu satu pintu (PM PTSP) Kota Makassar Mengatakan Selama pandemi covid-19 investasi di Kota Makassar mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Jadi gambarannya Pada tahun 2019 ditriwulan 1 dan 2 realisasi investasi di kota Makassar sebesar Rp 2,48 Triliun rupiah ,dan pada tahun 2020 ini sampai ditriwulan kedua realisasi investasi baru mencapai Rp 1,75 Triluan rupiah,”Ungkapnya Kamis (24/9).

Ia Menyebutkan selama pandemi covid-19 Penurunan investasi hampir terjadi disemua sektor.

“Hampir disemua sektor usaha mengalami penurunan yang cukup signifikan seperti disektor Industri, perhotelan dan restoran,” Sebutnya.

Agustina Lebih Jauh Mengaku berbagai langkah dilakukan untuk menjaga investasi dimasa pandemi covid-19.

“Berbagai langkah terus dilakukan dalam menjaga dan mendorong pertumbuhan investasi dimakassar,Seperti disektor penanaman modal dengan Menyusun peta potensi investasi kota Makassar,Menyusun kajian rencana umum penanam modal sesuai arah kebijakan RPJMD,Menyelesaikan permasalahan investasi mangkrak dengan membentuk satgas percepatan berusaha, Memfasilitasi potensi perusahaan existing, yang belum tereksekusi, Melakukan Promosi Virtual/Media Online untuk proyek READY TO OFFER, Aktif melakukan koordinasi dengan Propinsi , BKPM dan atase perdagangan luar negeri,”Urainya.

Ia Menambahkan untuk Sektor pelayanan perizinan, langkah yang dilakukan diantaranya. Penyederhanaan proses perizinan dan non perizinan,Optimalisasi pelayanan perizinan secara online serta Penandatangan perizinan secara elektronik.

“Langkah yang dilakukan disektor pelayanan perizinan yaitu Penyederhanaan proses perizinan dan non perizinan,Optimalisasi pelayanan perizinan secara online, Penandatangan perizinan secara elektronik serta Percepatan Penyelenggaraan MPP,Tambahnya.

Agustina optimis seiring dengan pengendalian covid-19,dan pemulihan ekonomi serta berbagai langkah yang dilakukan,investasi di Makassar akan kembali meningkat.

“Kami optimis dengan berbagai langkah yang dilakukan DPM PTSP,serta upaya pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19 dan uapaya pemulihan ekonomi,maka investasi dikota makassar akan kembali meningkat,”Tutupnya. [*]