Dialog Akhir Tahun PLUT-APINDO Sulsel: Optimistis Bisnis UMKM Menyambut Tahun 2021
PLUT Dinas Koperasi dan UKM Sulsel bekerjasama Apindo Sulawesi Selatan menggelar Dialog Akhir Tahun via zoom, Kamis 31 Desember 2020. Kegiatan di penghujung tahun ini mengambil tema "Bisnis dan UMKM Outlook 2021 : Optimisme Bisnis dan UMKM Naik Kelas Di Masa Pandemi”.

MAKASSAR—Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulsel bekerjasama Apindo Sulawesi Selatan menggelar Dialog Akhir Tahun via zoom, Kamis 31 Desember 2020. Kegiatan di penghujung tahun ini mengambil tema “Bisnis dan UMKM Outlook 2021 : Optimisme Bisnis dan UMKM Naik Kelas Di Masa Pandemi”.

Sebagai narasumber ibu Hilda Fachriza,SE, MM, selaku Co-Founder ukmindonesia dan juga dosen FEB Universitas Indonesia. Hadir pula H.Abd. Malik Faisal, SH, M.Adm. Pemb selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulawesi Selatan, Ketua DPP Apindo Sulawesi Selatan, Drs. La Tunreng, MM, serta Andi Oci Alepuddin, SH sebagai wakil Ketua Harian Dekranasda SulSel. Kegiatan dipandu Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham.

Para narasumber dalam webinar ini memberikan optimisme kepada pengusaha UMKM yang hadir via zoom. Meskipun tahun 2020 penuh ujian dan pandemi belum usai, saatnya berinovasi dan kolaborasi membangun optimisme menyambut tahun 2021.

Dosen FEB UI, Hilda Fachriza menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi terdalam pada Q2-2020 yang berdampak langsung pada UMKM. Pada Q3 pertumbuhan telah rebound meskipun masih negatif, demikian pula pada Q4 kontraksi diperkirakan semakin berkurang.

“Pada 2021 pertumbuhan ekonomi diperkirakan kembali positif dengan kisaran 3,3% (konservatif) hingga 6,1% (optimis)” katanya.

Hilda juga memaparkan pentingnya UMKM tahan banting di masa sulit pandemi dan lincah beradaptasi dengan Go Digital. Karenanya di masa sulit ini agenda bersama memfasilitasi UMKM masuk ke perekonomian digital, agar mereka bisa membangun usaha mereka lebih lanjut dan tetap terhubung dengan pelanggan di seluruh Indonesia, tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel, Malik Faisal optimistis tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan UMKM. Menurutnya, saat ini UMKM menjadi salah satu pendorong utama akselerator pemulihan ekonomi sehingga makin disupport di tahun 2021.

“Sepanjang tahun 2020 dukungan penuh diberikan kepada UMKM melalui akses pembiayaan seperti KUR, fasilitasi legalitas badan usaha dan operasional UMKM, akses pasar, penguatan kapasitas SDM serta penyaluran Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM),” Katanya.

Adapun Andi Oci Alepuddin dari Dekranasda Sulsel memotivasi para UMKM agar tetap semangat, tetap optimis dan UMKM kuat d jangan terus menyerah begitu saja meskipun keadaan sulit di masa pandemi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Latunreng mengatakan, dunia usaha menjadi sektor paling terdampak di tengah pandemi sehingga harus terus berinovasi, berkolaborasi, bersinergi di semua lini.

Dia juga mengajak pelaku UMKM melakukan adaptasi di era digital 4.0 di masa pandemi covid-19. Caranya dengan melakukan transformasi aktivitas UMKM berbasis digital, melakukan inovasi produk sesuai kebutuhan dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan penjualan. (*)