MAKASSAR – Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat virtual koordinasi Jejaring Pembinaan Serta Pengawasan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) untuk Pencegahan Covid-19 di 24 Kabupaten/Kota.

“Seluruh Dinas Kesehatan di Sulsel harus semakin gencar lakukan sosialisasi dalam pemantauan dan pengawasan kepada pengelola pangan di masyarakat,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin, Senin (15/06/2020).

Menurut Husni, dalam pandemi Covid-19, mesti menjaga kesehatan dan kebersihan termasuk makanan, karena bisa menjadi pintu masuk virus di dalam tubuh.

“Makanan adalah sumber nutrisi, di sisi lain bisa menjadi media virus masuk dalam tubuh,” katanya.

Pentingnya protokol kesehatan di tempat makan, kata Husni, bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Pasalnya, tempat makan jadi salah satu area berkumpulnya banyak orang. Tentu tidak ada yang mau berisiko terpapar virus corona karena menyantap makanan di tempat ramai.

“Semua rumah makan, restoran dan tempat umum harus tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan atau hand sanitizer, membatasi jumlah pengunjung hingga memberi jarak antar meja makan dan pengecekan suhu tubuh, serta menyemprotkan disinfektan di area tempat makan,” jelasnya. (*)