Dispora Mantapkan Persiapan Lelang Amdal, DELH dan Andalalin Stadion Mattoanging

0
41
Stadion Mattoanging Makassar
Stadion Mattoanging Makassar. (foto courtesy)

MAKASSAR – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan, bergerak cepat agar rencana pelaksanaan lelang dokumen administrasi perencanaan rehabilitasi Stadion Mattoangin, dapat dilaksanakan pekan ini.

Dispora Sulsel sudah menyiapkan beberapa dokumen administrasi perencanaan antara lain yaitu dokumen evaluasi lingkungan hidup (DELH), analisis dampak lalu lintas (andalalin), dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), serta manajemen konstruksi (MK).

Demikian terungkap dalam pertemuan review penyusunan dokumen perencanaan Stadion Mattoangin oleh masing-masing kelompok kerja (Pokja) dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemprov Sulsel, Dispora Sulsel, Inspektorat Sulsel, Dinas Lingkungan Hidup Makassar, dan Dinas Perhubungan Makassar, di Ruang Orchid Hotel Claro Makassar, Selasa, 11 Februari 2020.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan materi pembahasan pertemuan adalah me-review dokumen lelang DELH, Amdal, dan Andalalin, antara lain; kerangka acuan kerja (KAK), rencana anggaran biaya (RAB) dan Rancangan Kontrak yang memuat syarat umum dan syarat khusus penyedia jasa.

“Pertemuan kita ini untuk mereview seluruh dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum direhabilitasi Stadion Mattoangin,” ungkap Muhlis.

Muhlis menjelaskan dokumen administrasi tersebut perlu di-review untuk memeriksa semua dokumen, apakah masih ada yang kurang atau perlu diperbaharui sebelum proses tersebut tayang di Layanan Pengadaan Sistem elektronik (LPSE) Provinsi Sulsel.

“Hari ini kita review semua dokumen pendukung seperti KAK, RAB dan Rancangan Kontraknya. Dimana kurangnya kita lengkapi atau diperbaharui. Setelah itu kita tayangkan di LPSE Sulsel. Kami rencanakan juga reviev dokumen MK dilakukan Kamis depan,” terang Muhlis yang juga menjabat Sekretaris Tim Koordinasi Perencana Rehabilitasi Stadion Mattoanging.

“Meski proses ini panjang, tetapi tadi kami sudah meminta ke setiap Pokja untuk memproses dokumen-dokumen ataupun lelang dilakukan secara paralel. Artinya suatu dokumen tidak perlu menunggu dokumen lainnya selesai, tetapi berproses bersama-sama. Sehingga waktu pengerjaannya dapat dipangkas,” jelas Muhlis.

“Kami berharap semua prosedur dan dokumen administrasi perencanaan ini dapat dilalui, agar rehabilitasi Stadion Mattoanging, dikerjakan sesegara mungkin,” kunci Muhlis.

Hadir pula pada pertemuan ini Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), antara lain Prof Dr M. Jufri, Ariadi Arsal dan Drg. Ardiansyah S. Pawinru. Serta Staf Gubernur, Zulham Arief SH. (*)