Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Dr Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi Menegaskan peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparat pemerintah desa terus dilakukan agar mampu mengikuti perkembangan zaman serta menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Jadi kami kelililing kabupaten dan Kota di Sulsel seperti beberapa hari yang lalu di kabupaten wajo,bone,soppeng serta daerah lainnya dengan mengumpulkan para aparat desa untuk memberikan penguatan kapasitas dan kapabilitasnya,”Ungkapnya.

Ia Menjelaskan penguatan kapasitas dan kapabilitas aparat desa sangat penting untuk pelaksanaan usaha ekonomi desa melalui bumdes serta profil Desa.

“Intinya tujuan kami dengan meningkatnya SDM aparat pemerintah maka secara lansung jumlah Desa mandiri juga akan meningkat,”Jelasnya.

Dr Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi lebih jauh Menargetkan pada tahun 2021 mendatang tidak ada lagi desa tertinggal di Sulsel.

“Melalui kerja keras bersama kadis PMD se-Sulsel serta tenaga ahli PMD dengan memberikan arahan dan masukan,Kami berharap desa mandiri yang pada tahun 2018 baru 3 desa kemudian tahun 2019 menjadi 6 desa, serta pada tahun 2020 ini meningkat menjadi 25 desa dapat terus meningkat pada tahun depan bahkan saya targetkan hingga 10 persen dari 2.255 desa di Sulsel.”Pungkasnya

Ia Menambahkan seluruh aparat desa juga didorong terus berinovasi.

“Seluruh aparat desa harus berinovasi dan berkreasi dengan melihat kondisi dan perkembangan yang ada, sehingga desanya semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera, “Tutupnya. [*]