PINRANG – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan sijaya bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten pinrang yang diterima lansung Bupati Pinrang A. Irwan Hamid,di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, Rabu (4/3/2020).

Dalam sambutan penerimaannya, Bupati Pinrang menyambut baik dan menyampaikan respon positif atas kehadiran rombongan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Pinrang.

“Mudah-mudahan melalui kunjungan kerja ini, ada rejekinya orang Pinrang dari provinsi,” harap Bupati.

Bupati pinrang juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya sudah memasukkan permohonan ke Perpustakaan Nasional RI untuk mendapatkan bantuan pembangunan gedung perpustakaan.

“Kami sudah menyiapkan lokasinya, sertifikatnya dan lain-lain, tempatnya strategis di dalam kota, sudah ada gambarnya. Sayangnya, kami belum mendapatkan bantuan tersebut,” ujarnya.

“Saya berharap mudah-mudahan tahun depan kita bisa mendapatkan bantuan pembangunan gedung perpustakaan, dan lokasinya masih disiapkan untuk itu.Tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh. Hasan mengatakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel siap memfasilitasi ke Pemerintah Pusat, sehingga apa yang menjadi keinginan Bupati Pinrang untuk pembangunan perpustakaan dapat terwujud.

“Mudah-mudahan di tahun 2021 nanti Pinrang juga bisa dapat, seperti beberapa daerah lain di Sulsel,” harap Hasan.

Lebih jauh Kadis DPK Sulsel Hasan mengaku Kunjungan kerja DPK Provinsi Sulsel ke 24 Kabupaten/ Kota ini sebagai upaya untuk membangun sinergi antara DPK Provinsi dengan Kabupaten/Kota.

“Tahun ini menjadi tahun kinerja bagi DPK Sulsel oleh karena itu, semangat kerja, jalinan silaturahmi dan kebersamaan antara DPK Sulsel dan Kabupaten/Kota harus dibangun dengan baik.Tegasnya.

Hasan Menambahkan Sebagai bentuk perhatian DPK Sulsel terhadap Kabupaten Pinrang, pada tahun ini DPK Sulsel akan menempatkan pelaksanaan kegiatan pembinaan SDM kearsipan dalam bentuk Sosialisai dan Bimtek Kearsipan di Kabupaten Pinrang. Begitu juga di bidang Perpustakaan, DPK Sulsel akan melaksanakan kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca dan kegiatan Sosialisasi Perluasan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kabupaten Pinrang.

“Penempatan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Pinrang tentu merupakan rejeki bagi masyarakat pinrang.Tambahnya.

Usai melakukan pertemuan denganBupati, Kepala DPK Sulsel di dampingi Kepala DPK Kabupaten Pinrang M. Aswin melalukan peninjauan di lokasi yang dipersiapkan untuk pembangunan Gedung Perpustakaan di jalan Jendral Sudirman Pinrang, dilanjutkan dengan peninjauan ke Perpustakaan SD Negeri 16 Pinrang dan peninjauan di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pinrang. [*]