Bangun Perpustakaan Modern dan milenial, Kadis DPK: Mirip seperti di Belanda
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel, Hasan Sijaya, terus memberikan pembenahan dikantor perpustakaan Jl. Sultan Alauddin Makassar untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang datang berkunjung.

MAKASSAR—Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel, Hasan Sijaya, terus memberikan pembenahan dikantor perpustakaan Jl. Sultan Alauddin Makassar untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang datang berkunjung.

Hasan Sijaya mengaku, konsep yang sementara dibangun dalam perpustakaan ini seperti yang ada di Belanda.

“Jadi kita ubah ini, yang dulunya perpustakaan dianggap jadul, kita buat konsep perpustakaan yang moderen dan sangat refresentatif, dengan ruangan yang nyaman, dingin serta di dukung pemandangan taman yang asri serta lainnya mirip seperti di belanda,” ungkapnya, Jumat (16/7/2021).

Dikatakan, segala kebutuhan pengunjung akan terpenuhi dalam perpustakaan ini. “Semua kebutuhan pengunjung yang dominan adalah kalangan milenial akan terpenuhi karena di sini juga akan di bangun tempat makan kekinian, tersedia ruang untuk diskusi, koleksi buku dari yang lama hingga terbaru ada, serta lainnya,” ujarnya.

Lebih jauh Hasan Sijaya mengaku, layanan Perpustakaan Provinsi Sulsel ada tiga. “Satu disini di Jl. Alauddin, di Jl. Abd Rasyid Dg Lurang dan layanan perpustakaan ibu dan anak di Jl. Lanto Dg Pasewang yang telah menjadi roll model atau percontohan pertama diindonesia dimana anak-anaknya bisa membaca buku, ibunya bisa mendapatkan bimbingan konseling, dan ini semua gratis,” bebernya.

Ia menambahkan, secara perlahan perpustakaan modern ini akan semakin kelihatan, karena pembangunannya terus berjalan. “Saat ini pembangunannya terus berjalan, Kita targetkan khusus di bulan oktober mendatang perpustakaan jalan sultan alauddin dapat di launching oleh Plt Gubernur Sulsel,” tambahnya.

Untuk semakin memudahkan pengunjung, DPK Sulsel juga sementara membuat aplikasi I Sulsel yang merupakan representasi dari I Perpusnas, yang salah satunya memudahkan dalam mencari buku yang dibutuhkan. (*)