Gempur Pustaka di Lutim, 36 Unit Mobil Layanan Perpus Sasar Sekolah Hingga Pasar

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel Hasan Sijaya
Hasan Sijaya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel kembali akan melakukan ‘gempur’ pustaka yang akan dipusatkan di Kabupaten Luwu Timur.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel Hasan Sijaya mengatakan, kegiatan gempur pustaka yang menjadi percontohan nasional, Tahun ini dilakukan untuk kedua kalinya dengan melihat dua aspek.

“Gempur pustaka dimana isiannya nanti ada dua aspek bidang kegiatan pertama bidang layanan perpustakaan di mana kita terus memajukan gerakan literasi kedua tata kelola kearsipan. Acara ini sudah dua tahun dilaksanakan, Tahun pertama di toraja utara,” jelasnya.

“Tahun ini insya allah kita berkumpul di kota palopo malam dijamu Walikota dan banyak kegiatan lainnya ada juga penyerahan bantuan. Esok paginya kita dilepas walikota palopo di kantor walikota untuk menuju kabupaten Lutim tapi didalam perjalan singgah di lutra karena bupati juga lakukan penjemputan, disitu juga lakukan kegiatan ada penyerahan bantuan perpus, Bimtek Srikandi,” tutur Hasan Selasa (29/11/22).

Ia menjelaskan pada tanggal 15 desember di kabupaten Luwu Timur akan dilaksanakan apel gempur pustaka.

“Esok pagi kita apel gempur pustaka, semua layanan mobil perpustakaan sebanyak 36 unit akan ke sekolah, madrasah, pasar dan lainnya tentu di lutim akan ramai layanan perpustakaan yang ada, Bidang kearsipan lakukan pembinaan desa. Kita kumpul sekdis desa terkait tata kelola kearsipan, ini melibatkan 24 kabupaten kota yang dihadiri seluruh kadisnya bersama beberapa stafnya,” jelasnya.

Berita Lainnya

Lebih Jauh Hasan Sijaya mengaku di kabupaten Lutim akan ada penyerahan bantuan kendaraan layanan perpustakaan untuk 4 kabupaten.

Lihat Juga:  Dapat Bantuan Smart Fishing, Nelayan Takalar Berterima Kasih kepada Gubernur Andi Sudirman

“Akan ada penyerahan bantuan kendaraan layanan perpustakaan dari perpustakaan nasional  yang diperuntukkan untuk 4 kabupaten yaitu Bone, Lutim, Toraja dan Gowa, harapan kami dilepas Gubernur Sulsel,” ucapnya.

Ditambahkan, target yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya mendorong minat baca masyarakat.

“Targetnya akan jauh memberikan pemahaman bahwa perpustakaan bukan cuma rak buku saja, Mendorong minat baca masyarakat melalui mobil layanan perpustakaan makanya sasaran ada ke sd, madrasah, pasar dan kelompok masyarakat kecil, kita gempur kabupaten Lutim,” tutupnya. (*)

Berita terkait