Dorong SPBE, Kominfo-SP Gelar Bimtek Pengembangan Aplikasi

MAKASSAR – Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Provinsi Sulsel, terus mendorong Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemprov dan kabupaten kota.

Untuk mendukung SPBE, Kominfo-SP menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengembangan aplikasi, dengan tema Peran Integritas dan Proses Bisnis Dalam Mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengakui, kegiatan tersebut sangat penting untuk mendukung perwujudan pelayanan yang mudah, efektif dan efisien kepada masyarakat.

“Kita mau bekerja efektif dan efisien. Ini perlu dilakukan, karena kita sekarang terlibat dalam revolusi industri. Kecepatan, ketepatan, hemat, murah dan memastikan layanan kepada masyarakat bisa berjalan maksimal,” kata Abdul Hayat Gani, di Ruang Command Center Lt. 5, Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, saat ini, Pemprov bersama kabupaten kota butuh sinergitas dalam hal aplikasi yang terintegrasi, supaya bahan pengambilan keputusan oleh pemerintah lebih akurat.

“Target singkatnya, kami ingin kabupaten kota ini memahami, dan menyamakan persepsi tentang pentingnya data, informasi dan bahan pengambilan keputusan. Kami juga mengimbau semua pihak terus mencari ide, inovasi dan gagasan untuk mempermudah layanan kepada masyarakat,” katanya.

Berita Lainnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo-SP, Andi Hasdullah mengatakan, dalam kegiatan ini, peserta yang hadir yakni para Kepala Dinas Komunikasi kabupaten kota se-Sulsel, pengelola Lapor SP4N se-Sulsel, dan pengelola Lapor SP4N Lingkup OPD Pemprov Sulsel.

Adapun tujuannya, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya melakukan inovasi proses bisnis dan integrasi aplikasi, peningkatkan kualitas pelayanan publik melaui aplikasi SP4N-LAPOR. Kemudian, untuk meningkatkan pemahaman tentang pembangunan aplikasi dalam mendukung SPBE. [*]

Berita Terkait