MAKASSAR – Tim Gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP) melakukan pertemuan dengan Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DPPPA) sulsel (1/10) yang dihadiri lansung kepala dinas DPPPA sulsel, Ilham A Gazaling, Sekretaris DPPPA serta jajaran DPPPA lainnya.

Rasyid tenaga ahli TGUPP bidang sosial kemasyarakatan mengatakan,selama ini banyak program yang sama antara OPD satu dengan lainnya sehingga tidak berjalan maksimal.

“Saat ini banyak program yang akan dikurangi selain karena keterbatasan anggaran sekaligus untuk melakukan perbaikan dan strategi akan lebih tepat sasaran,’ Ungkap Rasyid.

Sampai ditriwulan ketiga ini DPPPA mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,tinggal kita mengharapkan akan lahir program secara terpadu.

“Saya mencontohkan seperti didinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) mempunyai anggaran yang cukup besar dan salah satu programnya adalah perempuan mandiri desa,kemudian didinas sosial ada program pemberdayaan desa miskin,sementara di DPPPA sendiri ada program perempuan sejahtera,sehingga ini akan disatukan,” Tegas Rasyid.

Rasyid menyebutkan,program prioritas gubernur sulsel diantaranya peningkatan pelayanan anak yang sehat dan perlindungan kepada perempuan,sehingga DPPPA Sulsel harus diperkuat.

“Kita mau DPPPA diperkuat dengan penyatuan program supaya kelihatan lebih besar dan dampaknya dirasakan lansung masyarakat,” Tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas PPPA Provinsi Sulsel,Andi Ilham Gazaling mengaku,upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya kaum perempuan terus didorong diantaranya dengan pemberian pelatihan atau kursus seperti menjahit,salon maupun lainnya.

“Kita harus terus mendorong agar kaum perempuan mempunyai skil atau kemampuan sehingga mampu mandiri serta terhindar dari tindakan kekerasan, dengan memberikan pelatihan atau kursus seperti menjahit, salon kecantikan maupun lainnya,” Tegas Andi Ilham Gazaling.

“Penguatan program juga harus dilakukan dengan mengedepankan program prioritas Gubernur Sulsel, agar tepat sasaran dan menyentuh lansung masyarakat,” Tutupnya. [*]