MAKASSAR – Permasalahan dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sangatlah kompleks. Olehnya, dibutuhkan sinergitas yang kuat antar pemangku kepentingan untuk bisa menyelesaikan permasalahan terkait.

Secara nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah menggaungkan program Three Ends dalam rangka penyelesaian masalah
di bidang PPPA.

Kepala Dinas PPPA Provinsi Sulsel, Ilham A Gazaling menjelaskan, program Three Ends terdiri dari akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan.

Untuk itu, lanjut Ilham, Dinas PPPA Sulawesi Selatan berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Workshop Kemitraan Strategis Berkelanjutan antara Dunia Usaha dengan Lembaga Masyarakat untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tujuan kita adalah bagaimana menyatukan persepsi seluruh pihak yang terlibat dalam peberdayaan perempuan dan perlindungan anak agar bisa bersinergi dan saling melengkapi demi peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Demi tercapainya tujuan tersebut, pada kegiatan yang digelar di Hotel The Rinra Makassar, Selasa (5/11/2019) ini, hadir berbagai unsur seperti Asisten Deputi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha KPPPA-RI, Sri Prihantini L Wijayanti, Akademisi, Aparat Pemerintah
di Kota Makassar, Perwakilan Masyarakat, Kalangan Media dan Pengusaha.

“Semua yang terlibat pada kegiatan ini sudah tergabung dalam Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA). Melalui pertemuan hari ini, saya harap apa yang menjadi komitmen kita pada tahun-tahun sebelumnya, dapat terus kita tingkatkan,” papar Ilham.

Pada kesempatan ini, Ilham juga mengajak seluruh pihak yang tergabung dalam Forum Puspa untuk senantiasa memperhatikan dan memegang teguh prinsip-prinsip sinergi yaitu mau berbagi, semua penting, tidak saling menyalahkan, transparan, dan ikhlas.

“Jika nilai-nilai ini bisa dijaga, maka pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Sulawesi Selatan akan semakin
baik ke depannya,” pungkas Ilham. [*]