Beranda » Tekno » Facebook Indonesia Gelar Pelatihan Digital di Makassar
Facebook Indonesia Gelar Pelatihan Digital di Makassar
Tekno

Facebook Indonesia Gelar Pelatihan Digital di Makassar

TEKNO – Makassar menjadi kota ketiga dari rangkaian kampanye nasional Facebook yang bertujuan membantu usaha keciI dan menengah (UKM) maupun komunitas di Indonesia untuk bisa sukses di era digital.

Mulai dari September 2018, kampanye Laju Digital akan memberikan keterampilan digital dan pelatihan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, pelaku usaha kecil menengah yang membutuhkan panduan untuk mengembangkan bisnis mereka, serta komunitas agar mereka lebih bisa memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya

Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia mengatakan, pihaknya sangat bangga menghadirkan kampanye Laju Digital di Makassar.

Facebook berkomitmen untuk membantu usaha kecil dan menengah dan juga komunitas di seluruh Indonesia dari bagian barat hingga daerah pelosok di Indonesia Timur.

“Semua program di bawah kampanye Laju digital tersedia tanpa dipungut biaya untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda,” kata Ruben dalam jumpa persnya di Hotel The Rinra Makassar, Kamis 18 Oktober 2018.

Ia melanjutkan, kampanye laju digital akan memperluas dan meningkatkan pelatihan keterampilan digital bagi pencari kerja, pelatihan dari Facebook akan membantu masyarakat Indonesia meningkatkan keterampilan digital dan mengoptimalkan pemakaian media sosial.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Morning Consult bekerja sama dengan Facebook pada tahun 2017, 90% UKM mengatakan bahwa keterampilan digital dan media sosial menjadi pertimbangan penting mereka saat akan mempekerjakan karyawan baru, bahkan faktor ini menjadi Iebih penting dibandingkan Iatar belakang pendidikan pelamar kerja.

Kemudian, kepada pemilik usaha kecil. Ruben menuturkan Facebook akan mengadakan program pelatihan untuk membantu wirausaha menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka.

Sesuai riset Morning Consult menunjukkan bahwa 2 dari 3 UKM di Facebook membangun bisnis mereka di platform Facebook, den 89% dari UKM di Facebook menyatakan bahwa Facebook membantu mereka untuk menarik perhatian pelanggan.

“Sementara itu, dua dari tiga usaha kecil dan menengah di Indonesia menggunakan WhatsApp mengatakan bahwa mereka membantu bisnis mereka di WhatsApp dengan 77 persen diantaranya mengaku mengalami peningkatan penjualan setelah menggunakan WhatsApp,” ujarnya.

Selain itu, juga kepada komunitas Indonesia di Facebook, akan mendapatkan akses untuk pelatihan literasi digital dan materi edukasi keamanan online.

Sejak tahun 2016, program literasi digital dan keamanan online Facebook telah menjangkau 108 komunitas di kota-kota besar di Indonesia, dan telah menjangkau lebih dari 11.000 siswa dan membekali mereka dengan kemampuan berpikir secara kritis dan berempati saat menggunakan platform online.

“Pelatihan yang kami berikan termasuk kelas untuk mempelajari best practices dalam pemasaran, privasi online, bagaimana membangun komunitas, dan masih banyak lagi”

“Kami bisa membantu Anda yang ingin menghadirkan bisnis atau komunitas anda secara online untuk berkembang tanpa memandang kemampuan digital Anda. Apakah anda seorang pengguna baru maupun pengguna yang sudah mahir menggunakan Facebook dan produk Facebook Iainnya,” tambah Ruben.

Kampanye laju digital ini bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Relawan TIK, dan Siberkreasi, untuk hadir di 10 kota sepanjang tahun 2018, termasuk Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Mataram, Gorontalo, Makassar, Kupang, dan Manokwari.(*/4ld)