MAKASSAR – Setelah sehari sebelumnya melakukan penyemprotan disinfectan di 2 masjid dan kantor kelurahan, hari kedua kegiatan yang diberi nama Birma Siaga Covid 19, Birma Peduli, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, melakukan kembali kegiatan serupa, Sabtu (21/3).

Menurut ketua Ketua LPM Kelurahan Biring Roamng, Ambang Ardi Yunisworo, di hari kedua ini tim Birma Peduli melakukan penyemprotan di 4 rumah ibadah yaitu Gereja Jemaah Bangkala, Masjid An-Nur, Masjid Ar Rahman dan Masjid Nurul Hidayah, serta beberapa poskamling dan posyandu yang ada di sekitar lokasi utama penyemprotan.

“Di hari kedua ini, pertama kami melakukan penyemprotan di gereja Jemaah Bangkala, ORW. 01, kemudian Masjid An-Nur dan masjid Ar Rahman di ORW. 02, kemudian di masjid Nurul Hidayah di ORW. 04, selain itu juga beberapa poskamling dan posyandu yang kita lewati juga kita lakukan penyemprotan serupa,” terang Ambang.

Untuk melakukan kegiatan yang rencananya akan terus berjalan hingga berakhirnya kondisi darurat corona ini, Ambang mengaku menggunakan peralatan penyemprot yang dipinjam dari warga, sementara biaya yang digunakan murni berasal dari swadaya Tim Birma Peduli sendiri.

“Semua alat yang kami gunakan ini dari hasil pinjaman dari warga, sementara untuk biayanya merupakan swadaya yang kita himpun dari patungan teman-teman yang ada di Tim sendiri,” ungkap Ambang tanpa bersedia mengungkapkan rincian biayanya.

Kepala Seksi kebersihan, kelurahan Biring Romang, Sapri, SIP, yang turut hadir mendampingi Tim melakukan aksinya, mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan Tim Birma Peduli tersebut adalah murni inisiatif mereka, untuk mencegah berkembangnya Corona Virus di kelurahan Biring Romang.

“Kami dari pihak kelurahan hadir hanya untuk mendampingi mereka dalam melakukan aksi sosialnya, sepenuhnya apa yang mereka lakukan ini adalah inisiatif dari mereka atas kepeduliannya untuk menangkal potensi berkembangnya virus corona di wilayah kelurahan ini (Biring Romang;red),” ungkap Sapri.
Lebih lanjut Sapri menjelaskan, dari 11 tempat ibadah yang ada di kelurahan Biring Romang, hingga hari kedua, Sabtu (21/3) sudah 6 rumah ibadah yang dilakukan penyemprotan, sementara di hari ketiga Minggu (22/3) akan dilakukan penyemprotan untuk 4 masjid lagi, sedangkan 1 masjid lagi, tidak dilakukan penyemprotan, karena sementara dalam kondisi direnovasi dan tidak digunakan.

Selain ketua LPM dan Kasi kebersihan, nampak turut serta terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain, Babinsa Biring Romang, Serma Syahrullah, Plt. Ketua TP PKK, St. Mulyati, Ketua Permata, R. Ela Rahayu, KPM, Herman, Koordinator BKM, Muh. Yusuf, Ketua ORW. 05, Moh. Ervin Laha, Ketua ORW. 02, Juki, Ketua ORT. 06/ ORW. 03. Muh. Saleh, Anggota Punggawa, Kamaruddin, serta sejumlah anggota lainnya. (4ld)