MAKASSAR – Ikatan Alumni (IKA) Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Forester Festival, Jumat (8/11/2019). Kegiatan ini merupakan reuni tahunan dengan puncak acara bakal dilaksanakan di Hutan Pendidikan Unhas, Bengo-Bengo, Kabupaten Maros.

Sekretaris Jenderal IKA Kehutanan Unhas, Syamsul Rijal mengatakan, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang juga merupakan Ketua IKA Kehutanan Unhas.

“Beliau akan hadir membuka kegiatan ini,” katanya, dalam konferensi pers di Warunk Upnormal, Nipah Mal, Jumat (8/11/2019).

Rijal mengatakan,! Forester Festival tahun ini dirancang berbeda dan lebih variatif dari tahun sebelumnya. Beberapa kegiatan yang disiapkan di antaranya, Seminar Nasional Perhutanan Sosial, Pengembangan KPH, Pameran Ekowisata Sulawesi Selatan sebagai salah satu program adalan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, lomba fotografi dan essay tentang kehutanan dan lingkungan, kampanye lingkungan, dan lain-lain yang akan memanjakan para peserta.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mendorong pariwisata, khususnya pariwisata alam dan potensi hasil hutan Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang mendorong kesadaran lingkungan dan menjadi momentum kampanye peduli hutan dan lingkungan Sulawesi Selatan,” kata Rijal.

Rijal juga menargetkan peserta yang akan hadir diperkirakan mencapai 1.500 orang yang terdiri dari alumni, personil Dinas, KPH, dan UPT, Peserta Seminar Nasional Perhutanan Sosial dan Pengembangan KPH sebanyak 300 orang termasuk masyarakat sekitar Hutan Pendidikan Unhas.

Kegiatan ini akan dimeriahkan oleh artis nasional dan lokal seperti Lobow, BHIS Band, Tumming-Abu, Rafli, Dewi dan Friends, M. Alifi, Fandy WD dan Zakaribo.

“Banyak artis lokal yang kita libatkan untuk memeriahkan kegiatan ini,” kata dia. [*]