Ikuti Harkitnas ke 113, bersama Sekprov Sulsel, Amson: Momentum bangkitnya Indonesia di masa Pandemi
Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, didampingi Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo mengikuti secara virtual Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113, yang dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Jonny G Plate, langsung dari Kantor Kementerian Informasi dan Komunikasi, Kamis (20/5/2021).

MAKASSAR—Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, didampingi Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo mengikuti secara virtual Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113, yang dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Jonny G Plate, langsung dari Kantor Kementerian Informasi dan Komunikasi, Kamis (20/5/2021).

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo, mengatakan, Kebangkitan Nasional menjadi momentum bangkitnya Indonesia di masa pandemi, termasuk dengan memanfaatkan era digital.

“Bagaimana Indonesia kita bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dengan lebih memaksimalkan pengembangan dalam digitalisasi. Artinya, kita bangkit kembali walaupun itu di tengah keterpurukan karena pandemi. Kita mampu eksis dengan pengembangan ekonomi melalui media digital,” terangnya.

Menurutnya, ke depan dunia akan diperhadapkan pada perang keterbukaan informasi, dimana dunia seakan tanpa batas. Indonesia harus siap menghadapi itu dan bangkit.

“Jangan sampai kita tertinggal dari bangsa-bangsa lain,” pungkasnya.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo
Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani berharap, Pemprov Sulsel memaknai semangat kebangkitan yang diperjuangkan oleh Budi Utomo. Perhimpunan yang didirikannya bersama mahasiswa Stovia, yakni Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai Kemerdekaan Indonesia.

“Semangat dari Bapak Budi Utomo adalah bagaimana bisa menambah kapasitas layanan yang profesional, kapasitas integritas dalam memberikan pelayanan optimal pada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, Hari Kebangkitan Nasional perlu dimaknai dengan mengambil peran secara optimal untuk melakukan pembangunan pada bangsa. Salah satunya dengan mendukung kebijakan strategis nasional pemerintah dalam hal penanganan pandemi Covid-19.

“Saya kira kembali memaknai itu dengan cara optimalisasi peran serta dalam pembangunan ini. Salah satu contoh kebijakan strategis nasional terkait dengan pandemi. Kita semua seluruh masyarakat mengambil bagian untuk itu,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi Jonny G Plate, dalam arahannya menyampaikan, perhimpunan Budi Utomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yang diletakkan Budi Utomo, pertama adalah cita-cita memerdekakan cita-cita kemanusiaan. Kedua, memajukan nusa dan bangsa. Ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Ketiganya merupakan makna subtansi yang harus terus dipertahankan dan diaktulisasikan lintas generasi dan dilaksanakan sesuai dinamika dan konteks jamannya,” tegasnya. (*)