Jelang Idul Fitri, Plt Gubernur Sulsel Tinjau RPH Manggala, Jamin Ketersediaan Daging
Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau langsung Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Manggala, Jelang Hari Raya Idul Fitri, di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Senin dini (10/5/2021).

MAKASSAR—Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau langsung Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Manggala, Jelang Hari Raya Idul Fitri, di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Senin dini (10/5/2021).

Andi Sudirman Sulaiman memastikan stok kebutuhan daging di Sulsel terjamin selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1442 H/2021 M.

“Insya Allah, ketersediaan stok daging aman, kali ini stok lebih baik. Dan harga masih stabil, kisaran Rp110 ribu per kilogram,” ungkap Andi Sudirman.

Dirinya pun meminta agar hadirnya RPH ini bisa termanfaatkan dengan baik serta menjamin kualitas daging.

“Kita ingin daging yang kita konsumsi terjamin Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” tutupnya.

Ia menyebutkan untuk mencegah terjadinya lonjakan harga, Pemprov Sulsel bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan Forkopimda telah turun memantau harga di pasar. Selain itu, Pemprov Sulsel gencar dalam melakukan operasi Pasar Murah.

“Pada awal Ramadan kita sudah jalan untuk tekankan tidak boleh ada spekulasi harga. Alhamdulillah, sepanjang Ramadan harga stabil,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Didampingi Kepala Biro Kesra dan Walikota Makassar melihat langsung proses penyembelihan sapi. Mulai dari memasukkan sapi di alat restraining box elektrik.

Kemudian disembelih oleh tukang jagal. Usai itu, sapi kemudian dipindahkan di keranda khusus sapi potong yang dilanjutkan dengan sterilisasi hingga proses dikuliti dan digantung, untuk kemudian daging dipisahkan dari tulangnya.

Sebagai Informasi, RPH ini dicanangkan dan didesain langsung oleh Andi Sudirman dengan berstandar ASUH. Yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Untuk menjamin kesehatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat dalam mengkonsumsi daging ternak di Sulsel.

Apalagi RPH Manggala kini memiliki wajah baru. Bukan hanya tempatnya, namun segala fasilitas pendukungnya juga sudah bisa mendukung dalam menghasilkan kualitas daging yang memadai.

Di RPH ini pula, terdapat tiga alat restraining box, berupa manual, elektrik dan multifungsi. Alat ini kandang jepit yang digunakan untuk perebah sapi yang siap dipotong. (*)