MAKASSAR – Kepala Dinas Perhubungan provinsi sulsel Muh Arafah bersama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatapol PP) provinsi sulsel Mujiono serta pihak kepolisian melakukan ramp chek diterminal daya Senin Malam (21/12).

Kadishub Sulsel Mengatakan Ramp Chek ini untuk melihat dan memastikan kelayakan jalan seluruh Bus yang akan membawa penumpang Jelang natal dan tahun baru (Nataru).

“Kami bersama pak Kasatpol dan Dirlantas polda sulsel melakukan Ramp check di terminal daya tujuannya adalah melihat kelayakan jalan kendaraan kita,”Ungkapnya

Ia Menyebutkan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan seluruh pengelola angkutan atau PO dan berkomitmen seluruh persyaratan layak jalan terpenuhi.

“Beberapa kriteria persyaratan layak jalan diantaranya ban mobil tidak gundul,rem dan lampu berfungsi dengan baik serta dihimbau agar sopir tetap fit dan melakukan pergantian setiap lima jam,”Sebutnya.

Muh Arafah juga Mengaku pada Peninjauan ini,tidak banyak yang mendapat teguran karena mereka sudah memahami aturan.

“Pada prinsipnya memang kelihatannya tidak terlalu banyak yang perlu kita tegur karena mereka sudah paham itu yang pertama,Yang kedua sesuai arahan Gubernur kita melakukan pengetatan terkait dengan protokol kesehatan.”Ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan seperti memakai masker,menjaga jarak serta mencuci tangan.

“Kita terus himbau dan selalu menerapkan protokol kesehatan,pihak pengelola terminal dan angkutan sudah sangat memahami itu,”Jelasnya.

Muh Arafah menambahkan hingga saat ini lonjakan penumpang mulai kelihatan.

“Kita lihat ini memang di terminal lonjakan penumpang cukup lumayan, tapi prediksi kita hanya naik sekitar 20 sampai 30%, kita juga menyarankan untuk teman teman yang ingin ke daerah yang tidak terlalu penting saya kira tunggu dulu karena masih ditengah pandemi covid-19,”Tambahnya.

“Bus yang bergerak dari terminal daya keberbagai daerah sekitar 50 sampai 60 unit perhari,Yang apa bila jumlah penumpang semakin meningkat,pihak pengelola angkutan siap menambah armadanya,”Tutupnya.

Sementara itu Kasatpol PP sulsel Mujiono mengatakan jajaran satpol setiap menjelang Nataru selalu terlibat untuk melakukan penertiban dan pengamanan dilapangan.

“Tiap perayaan NATARU kita kiat seperti ini kita lakukan, dan ini memang sudah instruksi untuk kami terpadu di lapangan untuk melakukan penertiban dan pengawasan,”Ucapnya.

Ia Menyebutkan Penerapan protokol kesehatan (Prokes) menjadi bagian yang terus disosialisaikan dan dijalankan seluruh masyarakat.

“Apa lagi jelas sekali jumlah kasus covid lagi meninggi ,jadi kita betul betul prokesnya jangan sampai lemah, jangan sampai loyo di protokol kesehatan, jadi kita penekanan nya di prokes saja,”Sebutnya

Kasatpol Menambahkan apa bila ada masyarakat yang kedapatan tidak menjalankan prokes seperti tidak memakai masker,maka lansung ditegur.

“Kalau kita temukan warga ,atau penumpang tidak memakai masker pasti kita tegur dan imbau agar segera memakai masker,” Pungkasnya. [*]