MAKASSAR– Dinas Perhubungan (Dishub), Pemprov Sulsel melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap seluruh kendaraan di Terminal Regional Daya, Makassar, Senin (21/12/2020).

Ramp Check ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas perhubungan (Kadishub) Sulsel Muh Arafah, bersama Kompol H Darwin Kasi Jeme OPS Dirlantas Polda Sulsel serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ( Kasatpol PP) Provinsi Sulsel, Mujiono.

Kadishub Sulsel Muh Arafah mengatakan selain untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengemudi, Kegiatan ini lakukan agar pengemudi maupun penumpang menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“melakukan pengetatan terkait dengan protokol kesehatan, protokol kesehatan ini dilakukan 3 M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, satu lagi menghindari kerumunan.” Ucapnya

Dia bilang, saat ini terjadi lonjakan penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2021. Adapun lonjakan penumpang Arus balik di terminal daya menjelang Natal dan tahun baru kata Arafah bertambah sekitar 20 sampai 30 persen dari hari-hari biasanya dan diperkirakan mencapai puncaknya pada tanggal 24 Desember mendatang khusus peringatan Natal.

Sementara khusus peringatan tahun baru 2021 lonjakan penumpang arus balik mencapai puncaknya pada tanggal 30 Desember mendatang.

“Kita lihat ini memang ini di terminal lonjakan penumpang cukup lumayan, tapi prediksi kita hanya naik sekitar 20 sampai 30%, kita menyarankan untuk teman teman yang ingin ke daerah yang tidak terlalu penting saya kira tuggu dulu” ucapnya.

Sementara itu, Kompol H Darwin Kasi Jeme OPS Dirlantas Polda Sulsel mengatakan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta pada pengemudi angkutan umum berdasarkan ketentuan Undang-undang no 22 Tahun 2009.

“Sejauh ini kami turun untuk memberikan edukasi dulu kepada masyarakat, kenapa besok besok kita lakukan secara identifikasi peryuniy kendaraan kita lakukan ready dan septireadynya , drivernya, berdasarkan UUD 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan akuntan jalan”, pungkasnya. [*]