Kadisdik Barru Tantang 41 Pengurus Agupena Buat 1 Buku 1 Pengurus

BARRU – Sebanyak 300an dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan tenaga kependidikan menjadi peserta pada seminar nasional literasi dan penulisan buku yang diselenggarakan Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) di Aula STIA YAPPI Al Gazali Barru, Minggu (15/4/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Barru ketika membuka seminar, menyatakan siap mendukung program-program Agupena dalam meningkatkan gairah literasi di kabupaten Barru.

Di kesempatan itu, juga dilantik dan dikukuhkan pengurus Agupena cabang Barru periode 2018-2021 dan FPM-Simpul Pena Barru 2018-2020. Juga penandatanganan MoU tentang peningkatan mutu pendidikan antara LPMP Sulsel dengan Agupena Barru serta MoU Agupena Sulsel dengan pihak penerbit YIC.

Kadisdik Barru Tantang 41 Pengurus Agupena Buat 1 Buku 1 Pengurus

Kepala Dinas Pendidikan Barru Dr. Ir Abustan, M.Si mengatakan bahwa ubah pola pikir dan Kuatkan SDM, Dia menantang pengurus Agupena Barru yang berjumlah 41 orang itu, untuk menjadi pioner penerbitan buku. “Agar bisa menjadi atmosfir, kepenulisan buku bagi pengurus dan masyarakat pendidikan.

Di tempat yang sama kepala LPMP Sulsel juga mengingatkan bahwa dengan indikator, karakter, kompetensi dan literasi merupakan bagian utama pencapaian mutu suatu ukuran pendidikan yang ingin berkembanng.

Sementara pemateri Istiqomah dari widyaiswara P4TK IPS Malang yang juga Instruktur nasional Sagusabu dengan singkat menyampaikan bahwa kunci dalam menulis ada pada motivasi.

Sedangkan materi yang disajikan Ketua Agupena Sulsel Muhammad Ardy Ali, bahwa Agupena siap menjadi jembatan fasilitasi dalam membantu peserta membuat dan menerbitkan buku.

“Seperti diketahui bersama bahwa resep utama Agupena adalah mengikat dan menyemai Ilmu dengan pena. Kedua makna ini sangat dalam bagi kami di agupena dan siap membangun sinergitas bersama semua kalangan yang peduli pada penggiatan kepenulisan,” kunci Ardy.

Ardy Ali berharap kepada 300 peserta seminar literasi agar dapat memiliki wawasan dan template, bagaimana kiat jitu dalam menulis buku kemudian menerbitkannya.

“Semoga peserta kepenulisan buku ini mendapat tempat dan apresiasi dari semua kalangan termasuk pemkab barru. Dan semoga Agupena Barru dapat melahirkan banyak penulis handal guna peningkatan mutu dan kualitas pendidikan,” harap Ardy Ali.

Di akhir seminar Kadisdik Barru menantang kepada ke 41 pengurus Agupena Barru untuk membuat 1 buku untuk 1 pengurus. “Jika bisa selesai, kami berjanji akan mengupayakan pendanaannya lewat APBD Barru,” ucap Kadisdik Barru di sambut aplaus pengurus Agupena serta peserta seminar. (shar)

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register