MAKASSAR, Dalam rangka menjiwai semangat sumpah pemuda, kini kaum melinial diasah menjadi pemuda tangguh yang tanggap bencana. Gagasan cemerlang ini terungkap dalam event memperingati sumpah pemuda di Warkop Bundu Jl Tallasalapang, Selasa ( 29/10).

Event yang bertemakan Sumpah Pemuda dan Pemuda Tangguh Tanggap Bencana tersebut diprakarsai Forum Sulsel Peduli (FSP).

Ketua umum FSP, Dr. Syamsul Rizal yang juga Ketua PMI Kota Makassar turut hadir sekaligus memupuk semagat juang para kaum melinial yang notabene paling berpeluang mengurangi resiko dampak bencana alam terhadap masyarakat.

Menurut Dg Ical, sapaan akrab mantan Wakil Walikota Makassar tersebut, bahwa untuk menyandang label pemuda  tangguh tanggap bencana, harus memiliki ketangguhan dalam beradaptasi dan tetap fungsional menghadapi situasi sulit.

Dalam konteks kebencanaan, lanjut Ical, seseorang atau komunitas sepatutnya tidak mudah rapuh dan pasrah pada kondisi kebencanaan dan berbagai dampaknya.

“Justru kita harus memiliki kemampuan bangkit untuk menata kehidupan kearah yang lebih baik,” tegasnya.

Ia juga mengungkapkan, sehubungan dengan situasi sulit tersebut tentu saja dibutuhkan dukungan dan progaram yang bisa memberi peluang seseorang atau masyarakat untuk meningkatkan energi positifnya sehingga tidak larut dalam keputusasaan. (D42M)