Kelurahan Biring Romang Gelar 3 Ulang Tahun Sekaligus
Bertempat di calon Lokasi Lorong Agro Wisata, warga kelurahan Biring Romang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sabtu (25/9/2021) menggelar peringatan hari lahir 3 komunitas andalannya, yaitu HUT Ke-3 Birma Peduli, HUT Ke-2 Birma Rindu Kraf dan HUT Ke-1 Birma Edupark.

MAKASSAR—Bertempat di calon Lokasi Lorong Agro Wisata, warga kelurahan Biring Romang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sabtu (25/9/2021) menggelar peringatan hari lahir 3 komunitas andalannya, yaitu HUT Ke-3 Birma Peduli, HUT Ke-2 Birma Rindu Kraf dan HUT Ke-1 Birma Edupark.

Founder ketiga komunitas yang sedang berulang tahun yang juga merupakan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kel. Biring Romang, Ambang Ardi, menjelaskan, bahwa penyatuan ulang tahun ketiga komunitas ini dilaksanakan selain karena masih dalam status PPKM juga sebagai upaya untuk meminimalisir penggunaan biaya.

“Birma Peduli lahir pada 13 Oktober 2018, Birma Rindu Kraf, 23 September 2019 dan Birma Edupark, 14 September 2020. Jadi untuk memudahkan pelaksanaannya apalagi masih dalam suasana PPKM, apalagi tanggal lahir ketiganya berdekatan, sehingga kita memutuskan menyatukan perayaannya hari ini,” jelas Ambang.

Lebih lanjut menurut Ambang, bahwa kehadiran ketiga komunitas tersebut di kelurahan Biring Romang merupakan upaya untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Biring Romang.

Kelurahan Biring Romang Gelar 3 Ulang Tahun Sekaligus
Camat Manggala, Andi Fadly, meminta Kelurahan Biring Romang, untuk terus berinovasi sebagaimana yang telah dilakukan selama ini. Bahkan Fadly yakin masih banyak inovasi-inovasi lain yang akan muncul di Biring Romang.

Sementara itu, Camat Manggala, Andi Fadly, dalam sambutannya meminta Kelurahan Biring Romang, untuk terus berinovasi sebagaimana yang telah dilakukan selama ini. Bahkan Fadly yakin masih banyak inovasi-inovasi lain yang akan muncul di Biring Romang.

“Saya tahu persis dan yakin masih banyak inovasi yang akan dihadirkan Biring Romang, bahkan sepengetahuan saya, setiap lurah baru, di sini selalu lahir inovasi baru. Olehnya itu saya harap untuk terus berinovasi yang memberikan manfaat untuk warga,” tutur Andi Fadly.

Dalam kegiatan yang diawali dengan pementasan tari Paduppa oleh 5 Relawan Muda Birma Peduli itu, dirangkaikan juga dengan sejumlah kegiatan diantaranya peresmian pemanfaatan kultivator bantuan Dinas Ketahan Pangan Kota Makassar untuk KWT Birma Edupark, oleh Camat Manggala.

Selain itu juga dilaksanakan penanaman pohon secara simbolis di lokasi Kebun Birma Edupark oleh Camat Manggala yang menanam bibit pohon kelapa Hibrida, Kapolsek Manggala Kompol Edhy Supriadi Idrus dan Danramil Panakkukang Manggala, Mayor Agus Rochmat yang masing-masing menanam bibit pohon Ketapang Kencana, Ketua FKLPM Manggala, Andi Pasamangi Wawo, pohon Mangga serta perwakilan DKP Kota Makassar yang juga menanam bibit pohon Mangga.

Puncak acara dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Founder Birma Peduli, Birma Rindu Kraf dan Birma Edupark, Ambang Ardi yang didampingi Sekretaris Panitia Ismail K, yang kemudian diserahkan kepada Camat Manggala serta yang mewakili Kadis DKP Kota Makassar.

Yang dilanjutkan dengan Pemotongan Kue Ultah Ke-3 Birma Peduli oleh Ketua Hariannya, Muh. Ervinlaha didampingi Bendahara Hj. Fitriani, untuk diserahkan kepada Danramil Panakkukang Manggala, Pemotongan Kue Ultah Ke 2 Birma Rindu Kraf oleh Ketua Harian, Muh. Saleh didampingi Sekretaris Herman yang diserahkan kepada Kapolsek Manggala dan pemotongan kue ultah Pertama Birma Edupark oleh Ketua KWT Birma Edupark, Ela Rahayu didampingi Sekretaris Sitti Muliati, yang diserahkan kepada Ketua FKLPM Manggala.

Plt Lurah Biring Romang, Andi Muh. Yahya, yang dimitai tanggapannya usai kegiatan menuturkan, apa yang dilakukan KWT Birma Edupark bersama Pokmas Birma Rindu Kraf di kebun Birma Edupark tersebut merupakan penyiapan lorong wisata sebagaimana dicanangkan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

“Apa yang kita lakukan di sini, adalah upaya kita semua dalam merespon program Lorong Wisata yang telah dicanangkan Bapak Wali Kota. Insya’Allah sebagaimana informasi dari DKP Kota Makassar, setelah diverifikasi tim, kemungkinan besar usulan kita untuk menjadikan lokasi ini sebagai lorong Agro Wisata disetujui Tim Verifikasi dan minggu depan kita akan terima SK nya,” pungkas Yahya.

Nampak hadir dalam acara itu antara lain, Tripika Kecamatan Manggala, Kabid Ketersediaan dan Produksi Pangan DKP Kota Makassar, Ketua FKLPM Manggala, Plt. Lurah Biring Romang beserta sejumlah staf, Lurah Antang, Ketua LPM Kel. Bangkala, Bitowa dan Tamangapa, Binmas, Babinsa Kel. Biring Romang serta sejumlah Ketua RT/RW se Kelurahan Biring Romang. (l1n)