Ketua RW 06 Bitowa Turun Langsung Dampingi Fogging DBD di Antang
Ketua ORW 06, Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Makassar, Muhammad Aris dengan sigap turun langsung mendampingi proses Foging Demam Berdarah (DBD) Puskesmas Antang di Wilayah Kerjanya, Senin (15/3/2021).

MAKASSAR—Meski masih dalam suasana Pandemi Covid-19, Ketua ORW 06, Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Makassar, Muhammad Aris dengan sigap turun langsung mendampingi proses Fogging Demam Berdarah (DBD) Puskesmas Antang di Wilayah Kerjanya, Senin (15/3/2021).

Kepada Media Sulsel, melalui saluran WhatsApp, Aris mengatakan, bahwa selaku Ketua ORW, dirinya dituntut untuk senantiasa melihat dan memahami apa yang terjadi di tengah warga untuk selanjutnya mencarikan solusi penanganannya.

“Bukan hannya wabah Covid-19 yang berbahaya. Demam Berdarah (DBD) dengan gejala yang hampir sama bagi orang yang terjangkit Covid-19, juga berbahaya dan harus segera diantisipasi,” tegas Aris.

Lebih lanjut Aris mengatakan, baik DBD maupun Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Sehingga gejala awal yang terjadi memiliki kemiripan, seperti demam, nyeri otot dan badan terasa lemas.

“Sebagaimana saya pahami, seperti laporan yang dikeluarkan dokter di Singapura dalam jurnal medis The Lancet pada bulan maret lalu. Penelitian tersebut menunjukkan adanya kesamaan antara penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti tersebut dengan Covid-19,” lanjutnya.

Sehubungan dengan itulah, dalam rangka pencegahan wabah DBD, dengan meminta bantuan Puskesmas Antang, pihaknya melakukan penyemprotan atau Fogging DBD di wilayah kerjanya, tepatnya di Kompleks Land Graha Jannah ORT. 01- ORW.06 Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala.

“Terima kasih kepada petugas fogging dan pihak puskesmas dan Dinas kesehatan kota Makassar yang sudah terjun ke wilayah kami,” tuturnya.

Di sisi lain Aris juga memastikan, bahwa dirinya bersama jajaran ketua RT di wilayahnya siap menyukseskan program pemutusan mata rantai penyebaran virus covid 19 di wilayahnya.

“Pokoknya, iNake SIAp Melawan Covid 19,” pungkasnya.

Ketua RW 06 Bitowa Turun Langsung Dampingi Fogging DBD di Antang
Proses Fogging Demam Berdarah (DBD) Puskesmas Antang di Wilayah Kerjanya, Senin (15/3/2021).

Sementara itu Sekertaris ORT.01-ORW.06, Chaeruddin Hasan mengatakan, bahwa warga kompleks Land Graha Jannah merasa bersyukur dengan adanya kegiatan fogging ini

“Upaya pencegahan lebih baik dilakukan, apalagi berdasarkan data dari Puskesmas Antang, kasus demam berdarah kerap ditemukan di wilayah kelurahan Bitowa,” ucapnya. (*/464ys)